Fintech dan Perbankan Mampu Perluas Akses Keuangan Masyarakat

Akbar Evandio
Selasa, 3 Maret 2020 | 20:14 WIB
Co-Founder & CEO PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) Ivan Nikolas Tambunan
Co-Founder & CEO PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) Ivan Nikolas Tambunan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Beberapa perusahaan rintisan berbasis teknologi finansial (tekfin/fintech) menilai kolaborasi dengan perbankan bisa menjadikan kinerja semakin efektif dalam memperluas akses keuangan terhadap masyarakat.

CEO & Co-Founder Akseleran Ivan Tambunan berharap kolaborasi antara fintech peer to peer (P2P) lending dan perbankan dapat terus berkembang, karena akan memberikan keuntungan satu sama lain.

“Bicara efektivitas, fintech P2P lending menghadirkan teknologi dan persyaratan pinjaman yang tidak terlalu ribet, sehingga dapat lebih memperkuat dan memaksimalkan perannya dalam memperluas akses keuangan bagi masyarakat maupun pelaku usaha,” terangnya saat dihubungi Bisnis.com, Rabu (3/3/2020).

Dia menambahkan setiap pelaku sektor keuangan semakin dituntut untuk mampu memberikan layanan maupun produk keuangan yang inovatif, lebih efisien, cepat, mudah dan memberikan lebih banyak pilihan kepada masyarakat atau para pelaku usaha.

Untuk pola kerjasamanya, saat ini Akseleran sudah bekerjasama dengan 10 lembaga keuangan dalam skema loan channeling, termasuk dengan perbankan seperti Bank Mandiri, Bank J-Trust Indonesia, BPR Supra, dan Credit Saison. Adapun, dalam skema loan channeling lembaga keuangan menyalurkan pinjaman kepada debitur yang dihubungkan oleh Akseleran.

Pada 2019, lanjutnya, penetrasi layanan dari kolaborasi tersebut sudah memberikan kontribusi hingga 20 persen dari total penyaluran pinjaman usaha, atau lebih dari Rp140 miliar. Sisanya, berasal dari ritel, yaitu pemberian pinjaman yang berasal dari orang per orang.

“Adapun, pencapaian dari kolaborasi Akseleran dengan lembaga keuangan tersebut meningkat 100 persen dibandingkan akhir 2018, seiring dengan penambahan jumlah lembaga keuangan yang bekerjasama dengan kami di 2019,” terangnya.

Ivan mengatakan bahwa melalui kerja sama ini, Akseleran bisa lebih memenuhi kebutuhan pendanaan dari UKM-UKM. Bagi perbankan, kerja sama ini menguntungkan karena bisa menyalurkan pinjaman dengan biaya yang lebih efisien.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Akbar Evandio
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper