Banjir Jakarta, 500 Stasiun Pemancar di Jabodetabek Terdampak

Rahmad Fauzan
Rabu, 26 Februari 2020 | 19:14 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny Gerard Plate mengatakan sekitar 500 stasiun pemancar (base transceiver station/BTS) atau 2,8 persen dari total BTS di wilayah Jabodetabek mengalami down akibat terdampak banjir yang melanda DKI Jakarta pada 24-25 Februari 2020 lalu.

Sisanya, lanjut Johnny, sebanyak 97,2 persen BTS tetap berfungsi normal setelah pihak operator seluler menggerakkan mobile genset ke lokasi-lokasi BTS yang terkena banjir sebagai langkah antisipasi.

"Operator seluler menggerakkan mobile genset ke sana, karena sudah ada pengalaman sebelumnya," ujar Johnny di gedung Kemenkominfo di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Dalam kondisi tersebut, lanjut Johnny, langkah antisipasi yang diambil oleh pihak operator dinilai tepat sehingga pemerintah tidak perlu memberikan arahan terkait dengan pelayanan publik.

Sampai dengan Rabu pagi (26/2), kondisi 500 BTS operator seluler yang terdampak banjir tersebut dilaporkan masih belum normal.

Seperti diberitakan oleh Bisnis sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan lebih dari 200 Rukun Warga (RW) dari total 2.738 RW yang terdampak banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur Ibu Kota sejak Senin (24/2/2020) malam.

Hujan yang terjadi pada Senin malam tersebut mengakibatkan beberapa kawasan di Jakarta kembali mengalami banjir sehingga menghambat aktivitas  yang dilakukan oleh warga.

Selain mengganggu kegiatan belajar mengajar, banjir juga mengakibatkan terhentinya layanan transportasi umum dan aliran listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper