UangTeman Kembali Dapatkan Suntikan Dana Segar

Rahmad Fauzan
Senin, 24 Februari 2020 | 16:24 WIB
Ilustrasi teknologi finansial/Flickr
Ilustrasi teknologi finansial/Flickr
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu perusahaan teknologi finansial (tekfin/fintech) UangTemanberhasil kembali mendapatkan pendanaan tranche Seri B2.

ACA Investments yang merupakan anak usaha Daiwa Securities Group Inc. mengkonfirmasi telah menuntaskan pendanaan tranche Seri B2 UangTeman.

Tak hanya itu, investor terkemuka Silicon Valley seperti Pegasus Tech Ventures, serta perusahaan modal ventura Jepang  Spiral Ventures, juga turut berpartisipasi dalam pendanaan Seri B2 tersebut.

Sebelumnya UangTeman telah meraih pendanaan seri B senilai US$10 juta dari Draper Associates, perusahaan asal Amerika dan KDDI Open Innovation Fund dari Jepang pada Agustus 2019.

Presiden Direktur dan Pendiri UangTeman Aidil Zulkifli mengatakan, suntikan dana itu memperkuat posisi perusahaannya di industri fintech lending Indonesia. Terlebih, pada tengah tahun lalu UangTeman juga telah mendapatkan status sebagai platform fintech lending yang berizin Otoritas Jasa Keuangan.

Menurutnya, perusahaan akan lebih fokus meningkatkan profitabilitas dan kinerja keuangan sebagai prioritas utama.

“Jika tingkat pertumbuhan menjadi sesuatu yang seksi dan akan menjadi nilai valuasi yang tinggi, saya juga percaya bahwa inti kelangsungan bisnis start-up dan lainnya adalah fundamental ekonomi dan keberlanjutannya dalam jangka panjang,” katanya seperti dikutip dari siaran pers yang diterima Bisnis, Senin (24/2/2020)

Aidil mengatakan UangTeman akan fokus dalam menyalurkan pinjaman dengan prinsip bertanggung jawab sosial.

menurutnya, perusahaan tidak hanyak mengejar pertumbuhan volume pinjaman tetapi juga memastikan kemampuan nasabah untuk mengembalikan pinjaman tersebut. Hal itu dilakukan demi meningkatkan kualitas pinjaman di masyarakat sehingga ekosistem fintech lending di Indonesia tetap solid dan sehat.

“Inklusi keuangan bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank adalah salah satu ide besar saat ini. Kami percaya bahwa UangTeman dapat mengatasi masalah ini di Indonesia dengan memanfaatkan keunggulan operasional dan aksesibilitas yang kuat ke pendanaan,” kata Direktur Investasi ACA Investments Tomohiro Fujita.

Smeentara itu, CEO & General Partner Pegasus Tech Ventures Anis Uzzaman mengatakan, perusahaan berharap dapat terus mendukung UangTeman dalam melakukan ekspansi pertumbuhan pinjaman online ke berbagai daerah di Indonesia.

“Kami yakin bahwa UangTeman akan melaksanakan visi mereka dan memiliki dampak besar pada perekonomian Indonesia selama beberapa tahun ke depan,” kata Anis Uzzaman. 

Bersamaan dengan pendanaan yang telah didapatkan perusahaan, UangTeman juga mengkonfirmasi telah melakukan penandatanganan perjanjian pembiayaan utang dengan sejumlah lembaga keuangan Indonesia untuk penyaluran pinjaman.

Selain itu, perusahaan sedang menyelesaikan fasilitas pinjaman pembiayaan konsumen dengan perusahaan permodalan asal Inggris dan diharapkan dapat selesai pada Februari 2020.  Hal ini diperkirakan menjadi peningkatan pendanaan terbesar sejak perusahaan didirikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper