Keyakinan Investor Terhadap Startup Indonesia Masih Tinggi  

Rahmad Fauzan
Senin, 10 Februari 2020 | 22:03 WIB
Ilustrasi/Istimewa
Ilustrasi/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Investor diperkirakan tetap bersedia menggelontorkan uangnya ke perusahaan-perusahaan rintisan Indonesia, meskipun dalam beberapa tahun belakangan terjadi penurunan nilai investasi.

Co-Founder Cento Ventures Mark Suckling mengatakan penurunan tersebut dinilai terjadi karena kurangnya modal yang dikumpulkan oleh perusahaan-perusahaan berstatus unikorn.

Namun hal itu, menurutnya, tidak serta merta menahan tingkat pengembalian investasi (return of investment/ROI)   perusahaan rintisan di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Begitu pula minat investasi para investor terhadap perusahaan rintisan yang diperkirakan masih akan tetap tinggi.

"Adalah masuk akal untuk berharap likuiditas pengembalian investasi di Indonesia di Indonesia akan meningkat pada tahun-tahun mendatang. Rasionya akan meningkat," ujar Suckling kepada Bisnis, Senin (10/2/2020).

Adapun, belum setaranya nilai investasi dengan return of liquidity di Indonesia dinilai hanya masalah waktu. Suckling menilai terdapat jeda antara investasi dan waktu yang diperlukan oleh perusahaan rintisan untuk berkembang.

Berdasarkan laporan Cento Ventures berjudul Southeast Asia Tech Investment in 2019, tingkat ROI dari perusahaan-perusahaan rintisan Indonesia berbanding terbalik dengan nilai investasi yang disalurkan di sepanjang 2018-2019.

Adapun, total dana yang diinvestasikan ke perusahaan-perusahaan rintisan di Indonesia adalah US$9,4 miliar, sedangkan return of liquidity yang diperoleh US$1,2 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper