Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Keyakinan Investor Terhadap Startup Indonesia Masih Tinggi  

Kendati terjadi penurunan investasi di sektor perusahaan rintisan dalam beberapa tahun tahun terkahir, hal itu dinilia tidak akan menghalangi minat investor untuk menggelontorkan dananya di Indonesia.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 10 Februari 2020  |  22:03 WIB
Ilustrasi - Istimewa
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Investor diperkirakan tetap bersedia menggelontorkan uangnya ke perusahaan-perusahaan rintisan Indonesia, meskipun dalam beberapa tahun belakangan terjadi penurunan nilai investasi.

Co-Founder Cento Ventures Mark Suckling mengatakan penurunan tersebut dinilai terjadi karena kurangnya modal yang dikumpulkan oleh perusahaan-perusahaan berstatus unikorn.

Namun hal itu, menurutnya, tidak serta merta menahan tingkat pengembalian investasi (return of investment/ROI)   perusahaan rintisan di Indonesia dalam beberapa tahun mendatang. Begitu pula minat investasi para investor terhadap perusahaan rintisan yang diperkirakan masih akan tetap tinggi.

"Adalah masuk akal untuk berharap likuiditas pengembalian investasi di Indonesia di Indonesia akan meningkat pada tahun-tahun mendatang. Rasionya akan meningkat," ujar Suckling kepada Bisnis, Senin (10/2/2020).

Adapun, belum setaranya nilai investasi dengan return of liquidity di Indonesia dinilai hanya masalah waktu. Suckling menilai terdapat jeda antara investasi dan waktu yang diperlukan oleh perusahaan rintisan untuk berkembang.

Berdasarkan laporan Cento Ventures berjudul Southeast Asia Tech Investment in 2019, tingkat ROI dari perusahaan-perusahaan rintisan Indonesia berbanding terbalik dengan nilai investasi yang disalurkan di sepanjang 2018-2019.

Adapun, total dana yang diinvestasikan ke perusahaan-perusahaan rintisan di Indonesia adalah US$9,4 miliar, sedangkan return of liquidity yang diperoleh US$1,2 miliar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp investasi startup
Editor : Yustinus Andri DP
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top