Persaingan Digital Semakin Ketat, Open Source Jadi Solusi Murah

Sholahuddin Al Ayyubi
Rabu, 22 Januari 2020 | 01:50 WIB
Bagikan
Bisnis.com,  JAKARTA - Solusi open source dinilai bisa menjadi pilihan bagi industri perbankan di era persaingan digital yang semakin ketat di Indonesia.
 
Chief Executive Officer (CEO) PT Equnix Business Solutions, Julyanto Sutandang menilai persaingan yang semakin ketat bagi industri perbankan saat ini telah menuntut industri agar memiliki infrastruktur teknologi dan informasi (TI) yang mumpuni. Pasalnya, menurut Julyanto, jika tidak memiliki infrastruktur yang tepat, maka dapat tersingkir oleh pemain lainnya.
 
"Untuk bisa bersaing, perusahaan harus memiliki infrastruktur TI yang mumpuni, karena itulah PostgreSQL hadir sebagai solusi," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa (21/1/2020).
 
Dia menilai software berbasis open source selain aman juga menawarkan kebebasan dibandingkan dengan software berlisensi yang cenderung tidak adil. Julyanto menyebutkan peralihan dari software lisensi berbayar ke open source bisa menghemat setidaknya sekitar 50% dari total anggaran IT pada sistem tersebut.
 
"Sebagai sistem database, open source punya performa terbukti lebih unggul dibanding sistem database berbayar manapun. Selain kemandirian berkat lisensi non-komersial berbasiskan open source, PostgreSQL memiliki skalabilitas jauh lebih baik,” katanya.
 
Dia mengatakan tumbuhnya perusahaan rintisan atau startup belakangan ini di Indonesia, juga didukung oleh software open source yang dinilai lebih hemat dibandingkan software lisensi berbayar.
 
"Tak mungkin mereka akan berkembang pesat jika sejak awal mereka sudah terbenani dengan biaya tinggi untuk software. Efisiensi biaya hanya bisa terjadi dengan menggunakan software open source," ujarnya.
 
Sementara di sisi perbankan, persaingan yang sangat ketat juga menuntut efisiensi tinggi dan sistem database, open source PostgreSQL akan menjadi solusi terbaik untuk Database RDBMS. 
 
Keunggulan PostgreSQL, performanya yang tinggi dan terpercaya akan menjadikan perusahaan tidak lagi tergantung pada sistem database komersial. PostgreSQL disebut raja database untuk sistem transaksional tinggi yang dapat digunakan sebagai alternatif utama dalam dunia bisnis.
 
"PostgreSQL adalah RDBMS dengan fitur paling lengkap di dunia saat ini dan dinobatkan sebagai RDBMS of the Year 2018 oleh DB-Engine selama dua tahun berturut-turut," tuturnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper