Unit Ventura Telkomsel Salurkan Dana ke Startup Amerika Serikat

Rahmad Fauzan
Selasa, 14 Januari 2020 | 18:38 WIB
SAP dan Internet of Things (IoT)/Istimewa
SAP dan Internet of Things (IoT)/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Unit ventura PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), Telkomsel Mitra Inovasi (TMI), bersama MDI Ventures mengumumkan pendanaan seri B1 untuk Roambee, perusahaan rintisan penyedia layanan di bidang logistik dan pemantauan aset berbasis internet of things (IoT).

Investasi TMI dan MDI Ventures tersebut merupakan upaya investor dalam negeri dalam mencerminkan tingginya potensi pasar industri digital Indonesia untuk menarik perusahaan rintisan berskala global dengan portofolio yang tersebar di berbagai negara.

CEO TMI Andi Kristianto mengatajan sinergi yang dilakukan dengan Roambee dengan portofolio penyediaan solusi logistik dan monitoring berbasis IoT terpercaya membuka peluang inovasi baru dalam menghadirkan teknologi IoT yang makin matang dan tepat guna bagi pelaku industri.

“Sebagai digital telco company, layanan IoT merupakan salah satu mesin pertumbuhan bisnis digital Telkomsel," ujar Andi dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com, Selasa (14/1/2020).

Kolaborasi dengan Telkomsel memungkinkan Roambee untuk memanfaatkan ekosistem Telkomsel, seperti jangkauan, infrastruktur telekomunikasi, serta jaringan sales enterprise guna menghadirkan solusi monitoring bagi perusahaan-perusahaan Indonesia dan Asia.

Adapun konvergensi perangkat keras sensor IoT, konektivitas data, dan aplikasi merupakan salah satu peluang bisnis terbesar dalam operasi supply chain.

Telkomsel juga tengah gencar mengembangkan jangkauan teknologi narrow band – internet of things (NB-IoT) sehingga sinergi dengan Roambee juga dapat menambah use case pengembangan IoT Telkomsel. Hal tersebut dapat mendukung bisnis enterprise Telkomsel serta menjadi perwujudan industri 4.0.

Roambee yang berdiri pada 2013 dengan mencoba menghadirkan solusi smart logistics dan asset monitoring berbasis IoT yang menyalurkan sistem supply chain digital untuk meningkatkan bisnis perusahaan.

Solusi yang dihadirkan oleh Roambee telah digunakan oleh lebih dari 300 perusahaan di seluruh dunia, meliputi T-Mobile, Huawei, Oracle, dan Accenture. Saat ini, Roambee yang berpusat di Santa Clara, California, Amerika Serikat, telah memiliki kantor perwakilan di Meksiko, Brasil, Jerman, Afrika Selatan, Uni Emirat Arab, India, dan Malaysia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Lucky Leonard
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper