Dirut Baru Telkomsel Harus Berani Mencoba Bisnis Baru

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 13 Januari 2020 | 15:17 WIB
BTS bergerak atau mobile BTS Telkomsel/Telkomsel
BTS bergerak atau mobile BTS Telkomsel/Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Setyanto Hantoro diminta untuk tidak terlena dengan kondisi perusahaan yang saat ini sedang memimpin industri telekomunikasi. Setyanto disarankan untuk terus mencari sumber pendanaan baru melalui pengembangan bisnis.

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan saat ini pendapatan dan laba yang dibukukan Telkomsel selalu tinggi sehingga tidak terlalu sulit bagi nahkoda baru untuk memimpin Telkomsel. Meski demikian, kata Heru, Dirut baru Telkomsel tidak boleh terlena dan harus berani bereksperimen dengan bisnis baru serta tidak terpaku pada bisnis lama.

“Menteri BUMN pernah bilang 2030 bisnis telekomunikasi bisa jadi sudah berubah drastis, maka sekarang waktunya mempersiapkan perubahan. Transformasi harus mulai dilakukan,” kata Heru kepada Bisnis, Senin (13/1/2020).

Di samping itu, dia juga meminta agar Setyanto mengantisipasi perubahan teknologi. Setyanto harus memperhatikan teknologi terbaru dan mengembangkannya sehingga jika masyarakat telah siap mengadopsi teknologi tersebut, Telkomsel tidak membutuhkan waktu lama untuk menerapkannya.

Sementara itu, Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Kristiono mengatakan bahwa tantangan utama Setyanto adalah memastikan sebaran dan kualitas layanan data Telkomsel hadir di seluruh Indonesia.

Di samping itu, Setyanto juga perlu menyiapkan strategi membangun industri Telkomsel secara vertikal. Pasalnya, kondisi bisnis ke depan harus mampu mengumpulkan dan menyatukan ekosistem bisnis Telkomsel.

Adapun mengenai strategi pembangunan citra agar Telkomsel terlihat lebih segar dengan produk dan pelanggan milenial yang bertambah, menurutnya, hal tersebut harus disesuaikan dengan kondisi.

“Strategi itu bersifat dinamik jadi harus terus disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang  berkembang dan berubah dengan cepat,” kata Kristiono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Lucky Leonard
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper