XL Tunggu Kepastian Perpindahan Ibu Kota Negara

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 6 Januari 2020 | 14:17 WIB
Konsep Ibu Kota Negara/Antara
Konsep Ibu Kota Negara/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. masih menunggu kepastian perpindahan ibu kota baru dari Jakarta ke Kutai Kertanegara dan Penajam Paser Utara untuk membangun jaringan baru di sana.

XL telah membangun sejumlah BTS di sekitar wilayah ibu kota baru, untuk mempermudah penetrasi jaringan XL.

Group Head Corporate Communications XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan bahwa perseroan sudah memiliki infrastruktur yang cukup baik dan kuat di Kalimantan Timur.

Jaringan XL di sana telah didukung dengan jaringan tulang punggung serat optik yang menghubungkan Kalimantan dengan Sulawesi, Bali-Lombok, Jawa, dan Sumatra.

Tidak hanya itu, kata Ayu, XL juga telah melakukan fiberisasi atau proses pemanfaatan kabel serat optik untuk jaringan antarkota di Kalimantan.

Adapun, mengenai rencana pembangunan jaringan di ibu kota baru, XL masih menunggu hingga perpindahan ibu kota terjadi.

“Kami tentu juga akan mulai menperluas ekspansi jaringan di dalam ibu kota baru sejalan dengan proses perpindahan ibu kota nantinya,” kata Ayu kepada Bisnis, Senin (6/1/2020).

Ayu menambahkan bahwa saat ini jaringan data XL Axiata telah tersedia di sembilan kota/kabupaten di Kalimantan Timur dengan dukungan total lebih dari 2000 base transceiver station (BTS).

Khusus jaringan 4G LTE, sudah masuk ke tujuh kota/kabupaten, dengan lebih dari 700 BTS. Kota/kabupaten yang sudah terlayani jaringan data XL Axiata di Kalimantan Timur meliputi Balikpapan, Samarinda, Bontang, Berau, Kutai Timur, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Paser, dan Penajam Paser Utara.

Dengan hadirnya jaringan XL di sejumlah kota tersebut artinya, penggelaran jaringan ke lokasi ibu kota baru nantinya tidak akan memakan waktu lama bagi perusahaan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Zufrizal
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper