Analitik Konsumen Bantu XL Tingkatkan ARPU

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 12 November 2019 | 10:55 WIB
Pelanggan berada di XL Center, Jakarta, Kamis (21/6/2018)./JIBI-Abdullah Azzam
Pelanggan berada di XL Center, Jakarta, Kamis (21/6/2018)./JIBI-Abdullah Azzam
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT XL Axiata Tbk meneruskan tren pertumbuhan pendapatan per pelanggan atau ARPU secara positif pada kuartal III/2019, didorong sejumlah strategi yang berfokus pada kepuasan pelanggan.

Head of External Communications PT XL Axiata Henry Wijayanto mengatakan pertumbuhan ARPU secara konsisten yang dibukukan oleh XL Axiata didorong oleh berbagai hal, salah satunya inisiatif XL Axiata yang menerapkan manajemen nilai pelanggan atau Customer Value Management berbasis analitik. 

Dalam mengoptimalkan kerja analitik XL memanfaatkan platform Omni Channel. Upaya ini termasuk diantaranya pemanfaatan digital IT dan data analitik untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan. 

“Sehingga perusahaan bisa lebih mudah dalam menyediakan dan menawarkan layanan yang memang dibutuhkan setiap pelanggan,” kata Henry kepada Bisnis.com, Senin (11/11/2019). 

Selain karena pengelolaan data analitik pelanggan, kata Henry, pertumbuhan ARPU juga didorong oleh upaya peningkatan kualitas jaringan untuk meningkatkan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan  sehingga mendorong pelanggan untuk mengonsumsi layanan data lebih banyak lagi. 

Di samping itu, sambung Henry, pertumbuhan konsisten juga didorong oleh penerapan tarif yang lebih kompetitif di industri sehingga tetap mampu mendorong pelanggan untuk memilih dan meningkatkan penggunaan layanan-layanan yang disediakan XL Axiata.

“Menurut kami program upselling yang dilakukan sangat efektif karena dibarengi pula dengan penerapan customer value management,” kata Henry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper