Teknologi Keamanan Perbankan : Anak Usaha Anabatic Ini Gandeng HelpSystems

Stefanus Arief Setiaji
Jumat, 8 November 2019 | 16:45 WIB
Perkembangan teknologi keuangan saat ini perlu ditopang dengan keamanan sistem transaksi/Reuters-Dado Ruvic
Perkembangan teknologi keuangan saat ini perlu ditopang dengan keamanan sistem transaksi/Reuters-Dado Ruvic
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Perkembangan teknologi di industri keuangan harus diimbangi dengan penyediaan perangkat canggih dan bebas dari ancaman yang berpotensi memperlemah sistem.

Hal itu menjadi penegasan dari Vice Presiden of Global Security Services HelpSystems Carol Woodbury. Melalui keterangan resmi, Jumat (8/11/2019), Carol mengatakan bahwa serangan siber sekarang semakin canggih.

”Serangan siber merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Kriminal-kriminal siber berkembang semakin canggih, begitu pula dengan jenis-jenis ancaman dan serangan baru. Ancaman itu berlaku untuk sistem IBM juga.”

Carol yang berpengalaman lebih dari 25 tahun dalam dunia keamanan IT ini menjelaskan terdapat perbedaan yang sangat signifikan mengenai keamanan sistem yang diterapkan dengan tujuan untuk mengamankan serta sistem yang sekedar ditujukan untuk memenuhi regulasi (compliance).

Menurutnya, suatu sistem tidak akan pernah aman hingga penggunanya memastikan benar-benar mengamankannya.

Dia menyebut sistem yang dimiliki IBM memiliki rancangan keamanan yang kompleks sehingga membutuhkan solusi sepadan untuk mengelola perlindungan sistemtersebut.

HelpSystems memiliki perhatian khusus dalam keamanan sistem IBM i melalui solusi-solusi yang dirancang khusus untuk sistem IBM i, seperti Powertech Command Security, Powertech Exit Point Manager, Powertech SIEM Agent, yang mana mendukung fungsi seperti identifikasi, monitoring, perlindungan data, dan lainnya.

Sumarto Santosa, Presiden Direktur Q2 Technologies mengungkapkan HelpSystems mampu menyediakan solusi komprehensif bagi pengembangan keamanan siber.

 “Demi mengurangi risiko-risiko yang ada dan membantu organisasi-organisasi menghadapi tantangan keamanan siber yang terus berkembang, Q2 Technologies sebagai mitra yang dipercaya oleh HelpSystems bersama-sama memperkenalkan kepada Indonesia solusi komprehensif yang bersifat preventif dan kuratif, yang terdapat dalam powertech dalam menunjang operasional industri perbankan.”

Q2 Technology merupakan anak usaha PT Anabatic Digital Raya yang juga subholding dari PT Anabatic Technologies Tbk. dengan fokus utama bisnis pada keamanan TI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper