Bisnis IoT Telkomsel Makin Diminati Pemerintah Daerah

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 4 November 2019 | 11:39 WIB
Aplikasi T-Perpus keluaran Telkomsel
Aplikasi T-Perpus keluaran Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - PT Telekomunikasi Selular memacu bisnis enterprise internet of things (IoT) untuk segmen pemeritahan pada sisa tahun ini.

General Manager External Corporate Communications PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) Aldin Hasyim mengatakan hingga saat ini sebanyak tujuh pemerintah daerah telah berkolaborasi dengan Telkomsel dalam pemanfaatan IoT.

Aldin menuturkan dibandingkan dengan 2018, terdapat kenaikan 30% dari pelanggan pemerintah daerah, yang berkerjasama dengan Telkomsel dalam pemanfaatan IoT.

“Pertumbuhan ini seiring meningkatnya kesadaran untuk melakukan transformasi operasional pekerjaan secara digital dari berbagai pemerintah daerah di seluruh Indonesia,” kata Aldin kepada Bisnis.com, beberapa waktu lalu.

Aldin menambahkan secara umum solusi konektivitas cerdas yang diimplementasikan dalam berbagai solusi kota pintar merupakan produk yang paling diminati dari pelanggan pemerintahan daerah.

Selain konektivitas cerdas solusi pengaturan armada juga tidak kalah menarik bagi pelanggan pemerintahan daerah. Solusi ini umumnya digunakan untuk mendukung operasional dinas kebersihan daerah.

Aldin menambahkan seiring dengan upaya dan komitmen Telkomsel dalam membangun infrastruktur jaringan telekomunikasi dan melakukan transformasi digital, perseroan akan terus menggenjot ekspansi IoT yang menyasar pelanggan pemerintahan daerah.

Kami berharap untuk dapat terus  membantu seluruh pemerintah daerah dalam mengembangkan smart city dalam mengelola seluruh aktivitas daerahnya untuk bersama-sama mengakselerasikan kemajuan negeri,” kata Aldin.

Diketahui, bulan lalu dua pemerintah daerah yaitu pemerintah kabupaten Sumedang dan beberapa pemerintah daerah di Gorontalo telah menyepakati untuk menggunakan solusi IoT yang ditawarkan oleh Telkomsel.

Direktur Utama Telkomsel Emma Sri Martini mengatakan, dalam kolaborasi dengan Pemkab Sumedang, Telkomsel mendorong terwujudnya kota pintar atau smart city  di wilayah Sumedang melalui pengembangan ekosistem edukasi dan ekonomi berbasis teknologi melalui peningkatan mutu  dan jenis layanan pemerintah dan  sumber daya manusia setempat.

Telkomsel menyiapkan berbagai solusi dan layanan digital yang dapat diimplementasikan di pemerintahan Sumedang, seperti solusi pengelolaan pajak, kesehatan, analisis media, keamanan, dan lain-lain.

Untuk mendukung ekonomi kerakyatan berbasis digital, Telkomsel menghadirkan layanan 99% Usahaku bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Sumedang.

99% Usahaku merupakan sebuah platform layanan berbasis aplikasi untuk membantu pelaku bisnis UMKM melalui berbagai konten pembelajaran, fitur forum komunikasi antar pelaku UMKM, ragam solusi layanan UMKM dari Telkomsel Enterprise, serta akses cakupan pasar yang lebih luas guna meningkatkan kapasitas penjualan.

Adapun di Gorontalo, Telkomsel menawarkan beberapa solusi seperti pengaturan armada atau fleet management melalui FleetSight,  yang membuat kendaraan operasional Pemda terhubung dengan perangkat telematika berbasis satelit, sehingga memudahkan kendaraan untuk dilacak keberadaannya. 

Selain itu, Telkomsel juga lmenghadirkan solusi smart tax serta platform pelaporan masyarakat. Melalui solusi-solusi tersebut, nantinya para Pemda di Provinsi Gorontalo yang bertugas dapat lebih efisien dan transparan dalam menjalankan operasional pemerintahan sehingga meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper