Arpu Telkomsel di Kalimantan Capai Rp77.000

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 25 September 2019 | 07:25 WIB
Pengguna Telkomsel menyaksikan perayaan Cap Go Meh di Singkawang menggunakan aplikasi Maxstream/Telkomsel
Pengguna Telkomsel menyaksikan perayaan Cap Go Meh di Singkawang menggunakan aplikasi Maxstream/Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, SAMARINDA – PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) mengklaim pertumbuhan rata-rata pendapatan pengguna atau Average Revenue per User (ARPU) di Kalimantan mencapai Rp77.000 untuk data dan Rp60.000 untuk campuran. 

Telkomsel mencatat lalu lintas data perseroan di Kalimantan mencapai 1,6 Petabyte. Adapun hingga saat ini jumlah pelanggan Telkomsel di pulau Ibu Kota baru tersebut mencapai 13 juta pelanggan. 

GM Consumer Sales Telkomsel Regional Kalimantan, Ismu Widodo, mengatakan perseroan terus memberi edukasi kepada masyarakat mengenai pemakaian internet. Misalnya, pelanggan yang sebelumnya belum tahu cara menggunakan youtube, diberi edukasi tentang cara memanfaatkan youtube dengan optimal.

Dia mengatakan seiring edukasi yang diberikan Telkomsel, maka terjadi perubahan perilaku dan konsumsi data pelanggan meningkat.

Tidak hanya itu, pertumbuhan ARPU juga didorong oleh transformasi digital dan penggunaan internet cepat oleh pelanggan.

"Kemudian kami kasih juga penawaran paket kombo. Jadi kenapa ARPUnya tinggi, memang pemanfaatan digital lebih banyak, dan payloadnya lebih maksimal,"kata Ismu di Balikpapan, Senin (23/9/2019).

Ismu menyebut bahwa tarif di Kalimantan lebih mahal dibandingkan dengan di Jawa, karena kompetisi. Telkomsel mengklaim pangsa pasar mereka di Kalimantan mencapai 70 persen. Hanya saja, dia tidak menyebutkan perbandingan tarif tersebut.

Diketahui per Agustus 2019 jumlah BTS Telkomsel di Kalimantan yaitu sebanyak 6.400 BTS 2G, 5.600 BTS 3G, dan 6.100 BTS Adapun total keseluruhan BTS sebanyak 18.100 BTS dengan 4 BTS sudah menggunakan Massive MIMO.

Kemudian, khusus di Kalimantan Timur, jumlah BTS 2G dan BTS 3G, masing-masing sebanyak 1.800 BTS. Adapun untuk BTS 4G sebanyak 1.900 BTS.

Lebih mengerucut untuk Kabupaten Penajam Paser Utara jumlah BTS Telkomsel yaitu, 70 BTS 2G, 70 BTS 3G dan 100 BTS 4G. Jumlah BTS di Penajam Paser Utara masih sedikit disebabkan populasi yang terdapat di daerah tersebut belum banyak.

Kemudian untuk Kabupaten Kutai Kertanegara jumlah BTS Telkomsel sebanyak 380 BTS 2G, 330 BTS 3G, dan 490 BTS 4G. Adapun total keseluruhan sebanyak 1.200 BTS 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper