Bukalapak, BRI, dan Alfamart Adopsi Google Cloud

Rahmad Fauzan
Jumat, 6 September 2019 | 10:49 WIB
Google Cloud
Google Cloud
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Salah satu unicorn asal Indonesia, Bukalapak, Bank Rakyat Indonesia (BRI), dan Alfamart, mengadopsi teknologi komputasi awan milik Google Cloud.

Bukalapak yang memiliki 70 juta pengguna serta lebih dari 2 juta transaksi per hari, hari ini memigrasikan layanan data dari lingkungan data yang digunakan sebelumnya ke Google Cloud.

Vice President of Engineering Bukalapak, Mohammed Alabsi, pada Kamis (5/9/2019) di acara Google Summit 2019, mengatakan Bukalapak berpindah ke Google Cloud guna menghindari gangguan layanan meningkatkan keandalan dan skalabilitas selama musim ramai belanja.

Bank Rakyat Indonesia (BRI) juga mengadopsi teknologi komputasi awan milik Google Cloud sebagai langkah perseroan dalam meningkatkan kemampuan untuk mengungguli persaingan di bidang teknologi keuangan dengan strategi digital inovatif yang berpusat pada  platform manajemen Apigee API Google Cloud.

Adapun, BRI berhasil mengurangi waktu yang diperlukan untuk onboarding partner baru dalam 6 bulan saat menggunakan teknologi host-to-host dan VPN menjadi kurang dari 1 jam dengan menggunakan portal developer Apigee.

Selain BRI, toko ritel Alfamart juga telah mengimplementasikan salah satu layanan milik Google Cloud, yakni G Suite. G Suite adalah sebuah tool milik Google yang menggabungkan berbagai fitur untuk membantu perusahaan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan produktivitas.

Dengan mengimplementasikan G Suite, Alfamart dikatakan memperbaiki koordinasi sebanyak 117.555 karyawan yang tersebar di 13.679 toko di 24 provinsi di Indonesia.

Selain itu, menggunakan layanan tersebut Alfamart mampu melakukan penghematan biaya sebesar 10%--15% dan menghindari diskoneksi digital, serta mengotomatiskan alur kerja melalui akses ke informasi secara real-time.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper