Siswa MAN Pasuruan Raih Medali Emas Kompetisi Robot di Jepang

Hafiyyan
Kamis, 29 Agustus 2019 | 20:08 WIB
Ilustrasi/Antara-Umarul Faruq
Ilustrasi/Antara-Umarul Faruq
Bagikan

Bisnis.com, SEMARANG—Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pasuruan, Jawa Timur, mengharumkan nama Indonesia di ajang kelas dunia karena mengukir prestasi dalam lomba robotika di Jepang.

Mukhammad Raihan Al Hakim (kelas XII)  dan Muhammad Daffa Akbar Alamsyah (kelas X), siwa di MAN 1 Pasuruan, berhasil mengukir prestasi Robotika Tingkat Internasional di Okayama University Jepang, dalam ajang Robofest Japan 2019.

Mukhammad Raihan Al Hakim meraih 1 medali emas dalam kategori Gathering Superteam Senior. Adapun, Muhammad Daffa Akbar Alamsyah, meraih 1 medali perunggu untuk kategori Line Maze Senior.

“Pada event ini, MAN 1 Pasuruan merupakan satu satunya madrasah yang mengikuti dan menjadi wakil Kementerian Agama pada kompetisi ini,” jelas Kepala MAN 1 Pasuruan Agus Suwito, melalui siaran pers, Kamis (29/8/2019).
 
Kompetisi Robofest Japan 2019 berlangsung pada 24—25 Agustus 2019 di Okayama University. Pesertanya adalah siswa dari sekolah di kawasan Asia Pasifik.

Peserta diseleksi berdasarkan Robofest tiap zona di Indonesia. MAN 1 Pasuruan merupakan salah satu dari pemenang Robofest Indonesia, sehingga berhak mewakili Indonesia ke Jepang.

Agus menambahkan, prestasi ini tidak terlepas dar kerja keras siswa dan proses pembinaan di MAN 1 Pasuruan. Madrasah binaannya mengembangkan sistem pembinaan berdasarkan minat khusus yang dimiliki peserta didik.

“Kelas robotik yang ada di MAN 1 Pasuruan memiliki 23 siswa dibina oleh internal madrasah dan kerjasama dengan Podistik ITS Surabaya,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Hafiyyan
Editor : Rustam Agus
Sumber : kemenag.go.id
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper