Bubu.com Dorong Kesetaraan Gender di Dunia E-sports Lewat Turnamen

Perusahaan digital tertua di Indonesia, Bubu.com, kembali menggelar IDBYTE 2019 dengan turut menyelenggarakan turnamen olahraga-el bertajuk Bubu Esports Tournament (B.E.S.T) dengan PUBG Mobile sebagai gim yang akan dipertandingkan.
Rahmad Fauzan
Rahmad Fauzan - Bisnis.com 27 Agustus 2019  |  18:49 WIB
Bubu.com Dorong Kesetaraan Gender di Dunia E-sports Lewat Turnamen
Suasana babak Grand Final Piala Presiden Esports 2019 yang berlangsung di Istora Senayan pada Minggu (31/3/2019). - Bisnis/Rahmad Fauzan

Bisnis.com, JAKARTA — Perusahaan digital tertua di Indonesia, Bubu.com, kembali menggelar IDBYTE 2019 dengan turut menyelenggarakan turnamen olahraga-el bertajuk Bubu Esports Tournament (B.E.S.T) dengan PUBG Mobile sebagai gim yang akan dipertandingkan.

Chairwoman IDBYTE Esports 2019, Shinta Dhanuwardoyo, mengatakan B.E.S.T akan menjadi kompetisi yang mendorong hadirnya kesetaraan gender di dunia olahraga-el Indonesia di mana turnamen tersebut merupakan satu-satunya turnamen e-sports di Asia Tenggara yang menyajikan hadiah mencapai Rp290 juta untuk kategori tim wanita.

"[Nilai tersebut] setara dengan total hadiah yang akan diberikan kepada pementang dari kategori tim pria," ujar Shinta di konferensi pers peluncuran IDBYTE Esports di Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) di Jakarta, Selasa (27/8).

Adapun, total hadiah yang disediakan untuk turnamen tersebut adalah Rp750 juta.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Gatot S. Dewa Broto mengatakan semua gender harus memiliki yang sama dalam cabang olahraga-el, baik itu panggung, fasilitas, maupun penghargaan.

Hal tersebut dinilai akan menjadi pemicu antusias para penggemar e-sports dari kalangan wanita untuk serius menggeluti cabang olahraga-el.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, mengatakan Kemenkominfo siap mendukung industri e-sports Tanah Air dengan menyediakan infrastruktur dan ekosistem guna menunjang perkembangan industri.

"Kehadiran olahraga-el harus didukung sedini mungkin agar Indonesia mampu menjadi negara terkemuka di sektor tersebut," ujar Rudiantara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
game, industri game, e-sports

Editor : Wike Dita Herlinda

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top