WhatsApp Dikabarkan Tawarkan Layanan Digital Payment Di Indonesia

Rahmad Fauzan
Rabu, 21 Agustus 2019 | 04:04 WIB
Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel./Reuters-Thomas White
Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel./Reuters-Thomas White
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- WhatsApp sedang melakukan pembicaraan dengan beberapa perusahaan digital payment Tanah Air di mana perusahaan dikatakan menawarkan layanan transaksi mobile yang dimilikinya.
 
Dengan demikian, ada kemingkinan Indonesia akan menjadi negara kedua di dunia di mana WhatsApp memperkenalkan pelayanan digital payment, setelah perusahaan memperkenalkan pelayanan sejenis di India.
 
Namun, berbeda dari India, di mana hal tersebut rencananya ditawarkan secara langsung untuk pelayanan pembayaran peer-to-peer, di Indonesia WhatsApp hanya akan menghadirkan layanan sebagai platform yang mendukung pembayaran digital via perusahaan dompet digital lokal.
 
Melansir Reuters, Selasa (20/8/2019), model layanan yang akan diterapkan di Indonesia kemungkinan juga akan dijadikan model untuk pelayanan sejenis yang nantinya diterapkan di negara-negara lain.
 
Saat ini, WhatsApp dikatakan tengah melakukan pembicaraan dengan beberapa perusahaan digital payment, termasuk Gojek, Dana, dan Ovo. Menurut Reuters, kesepakatan dengan ketiga perusahaan tersebut dikatakan akan selesai dalam waktu dekat. 
 
Selain itu, WhatsApp juga melakukan pendekatan terhadap Bank Mandiri (BMRI) yang juga mengoperasikan layanan dompet digital.
 
Adapun, rencana tersebut muncul setelah CEO Facebook Mark Zuckerberg mengumumkan bahwa perusahaan akan meluncurkan layanan digital payment di beberapa negara pada awal 2019 lalu.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Editor : Akhirul Anwar
Sumber : Reuters
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper