Persiapan Sambut 5G, XL Axiata Targetkan Fiberisasi 70% pada 2020

Leo Dwi Jatmiko
Rabu, 21 Agustus 2019 | 13:22 WIB
XL Axiata
XL Axiata
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT XL Axiata Tbk. (XL Axiata) mematangkan persiapan untuk menyambut layanan 5G, dengan melakukan fiberisasi di seluruh jaringan. 

XL Axiata menargetkan hingga akhir 2019, sekitar 50% BTS XL Axiata akan terhubung dengan jaringan serat optik atau fiber. Kemudian, tahun depan targetnya makin meningkat menjadi sekitar 60%—70% pada akhir 2020. 

XL Axiata mengumumkan saat ini, fiberisasi sudah menjangkau sekitar 30% base transceiver station (BTS) dengan sebagian besar mencakup wilayah Jawa.

Selain di Jawa, XL juga fokus ekspansi fiberisasi di luar Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir. Bahkan, fiberisasi juga dilakukan hingga ke Kepulauan Anambas dan Natuna dengan memanfaatkan backbone Palapa Ring Barat.

Hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terdapat di semua ibu kota provinsi dan kota-kota besar di Jawa, Madura, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, dan Lombok. 

Direktur Teknologi XL Axiata, Yessie D Yosetya, mengatakan, pembangunan jaringan yang memadai dibutuhkan ketika akan menghadirkan 5G.  Dia menuturkan XL Axiata saat ini berfokus dalam memperkuat kapasitas jaringan mereka dengan fiberisasi. 

“Kami terus membangun ekosistemnya, terutama jaringan data yang memadai. Uji coba juga kembali kami laksanakan kali ini untuk lebih mengenal lagi berbagai aspek teknologinya dan implementasinya di jaringan kami," kata Yessie di Jakarta, Rabu (21/8/2109). 

Yessie menambahkan Fiberisasi mampu meningkatkan kapasitas transport jaringan hingga lebih dari 5x lipat dibandingkan transport bukan fiber. 

Selain menggalakan Fiberisasi, XL Axiata hari ini juga melakukan uji coba 5G dengan menggunakan frekuensi 28 GHz. Ini merupakan uji coba 5G yang ketiga bagia XL Axiata. 

Uji coba dilaksanakan dengan mendemonstrasikan kemampuan layanan 5G untuk berkomunikasi secara virtual melalui tampilan hologram. Uji coba 5G hasil kerja sama dengan Ericsson Indonesia. 

Secara teknis, uji coba ini melibatkan perangkat 5G dari sisi radio, antenna hingga core dan diimplementasikan melalui holographic call yang digunakan untuk pertemuan serta kolaborasi tanpa terbatas ruang dan waktu sebagai wujud peningkatan kualitas kerja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper