Mahasiswa UI Ciptakan Ban Berkualitas dari Lateks Hibrida

Newswire
Selasa, 20 Agustus 2019 | 16:37 WIB
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com
Bagikan

Bisnis.com, DEPOK – Sebanyak tiga mahasiswa Universitas Indonesia sukses menciptakan ban sintesis lateks hibrida melalui teknologi yang mereka kembangkan.

Ketiga mahasiswa tersebut yaitu Adream Bais Junior (Teknik Kimia 2015), Shaina Islamey (Teknik Kimia 2017), dan Muhammad Nabil Hifzhan (Teknik Kimia 2017).

"Teknologi ini mampu menciptakan material karet unggul untuk bahan baku ban kendaraan yang berkualitas," kata Adream seperti dilansir Antara, Selasa (20/8/2019).

Dia mengatakan ide pembuatan teknologi lateks hibrida dilandasi kondisi bahwa bahan baku karet alam belum mampu menghasilkan ban yang berkualitas. Bahan baku karet alam pada pembuatan ban masih menimbulkan berapa permasalahan, seperti suara bising dan daya cengkram yang rendah sehingga umur ban pendek.

Guna menghasilkan karet unggul sebagai bahan baku ban yang bagus, para mahasiswa itu menggabungkan karet alam dengan pati sehingga menghasilkan ban elastis tetapi memiliki kekakuan yang baik bula.

"Dari segi sifat mekanik, lateks mempunyai kelenturan yang baik, tetapi modulus kekakuan yang buruk," katanya.

Menurutnya, material yang mempunyai sifat mekanik berkebalikan dengan lateks adalah pati kentang, di mana pati kentang memiliki modulus kekakuan yang kuat tetapi tidak lentur. Melihat pati mampu menutupi kelemahan dari lateks, menggabungkan kedua material ini akan memberikan lateks yang lebih tinggi modulus kekakuannya atau disebut lateks-pati hibrida.

Guna menggabungkan material karet dan pati sehingga menjadi bahan baku ban yang bagus, ketiga mahasiswa tersebut menggunakan metode elektrolisis plasma. Metode elektrolisis plasma mampu menginduksi reaksi penggabungan karet dan pati.

Ide inovatif ini telah disertakan dalam Program Kreativitas Mahasiswa dan akan dipresentasikan pada ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi RI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Editor : Galih Kurniawan
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper