Trafik Data Telkomsel Moncer Meski Jumlah Pelanggan Menyusut

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 5 Agustus 2019 | 14:41 WIB
Aplikasi T-Perpus keluaran Telkomsel
Aplikasi T-Perpus keluaran Telkomsel
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Kenaikan lalu lintas data tinggi dicatatkan oleh PT Telekomunikasi Selular pada semester I/2019.

Diketahui dibandingkan dengan kuartal I/2019, lalu lintas data Telkomsel naik 15,21% menjadi 1.623.270 TB. Padahal, jumlah pelanggan perseroan mengalami penurunan pada kuartal II/2019 sebesar 0,5% dibandingkan dengan kuartal I/2019. 

Denny Abidin, VP Corporate Communications Telkomsel mengatakan performa baik perseroan dalam lalu lintas data didorong oleh banyak faktor, salah satunya, regulasi regristrasi kartu prabayar. 

Dia mengatakan regulasi tersebut membuat pelanggan di perseroan menjadi lebih terukur dengan basis pelanggan yang jauh lebih baik. Pelanggan enggan bergonta-ganti kartu.

 "Dengan jumlah pelanggan aktif dan loyal yang lebih tinggi, biaya produksi kartu sim  lebih efisien," kata Denny kepada Bisnis.com, belum lama ini. 

Di samping itu, kata Denny, hadirnya regulasi SIM prabayarmemiliki dampak jangka panjang yang positif, sehingga membuat persaingan yang lebih sehat di industri telekomunikasi.

Peraturan mengenai regristrasi kartu SIM prabayar tertuang dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 21/2017 tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Menteri No.12/2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi. 

Salah satu poin dalam peraturan ini berisi mekanisme kepemilikan kartu, satu nomor induk kependudukan hanya boleh memiiki tiga nomor gawai per operator.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper