Apa Rahasia di Balik Pertumbuhan Pendapatan Operator Seluler?

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 2 Agustus 2019 | 13:25 WIB
Bagikan
Bisnis.com, JAKARTA -- Sejumlah inovasi diyakini dapat terus mendorong pertumbuhan pendapatan operator seluler dari layanan internet.  

Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi menilai agar pendapatan dari layanan data tetap tumbuh, operator seluler perlu melakukan inovasi dengan para pengembang gim dan menggandeng pemberi layanan video-on -demand agar penggunaan data oleh pelanggan terus terjadi.

Pertumbuhan penggunaan data, kata Heru, terjadi karena maraknya kegiatan yang berkaitan dengan video dan foto lewat pesan instan maupun komunikasi termasuk video call yang dilakukan oleh pengguna.

“Operator juga bisa membuat acara-acara yang melibatkan orang berbagi video atau gambar,” kata Heru kepada Bisnis.com, Kamis (2/8/2019). 

Sebelumnya, Strategi yang fokus pada layanan data membuat PT XL Axiata Tbk. dan PT Telekomunikasi Selular bisa mempertahankan kinerja keuangan di bawah tekanan penurunan tajam pendapatan dari layanan suara dan SMS.   

Dikutip dari laporan keuangan perseroan, kinerja PT XL Axiata Tbk. sepanjang paruh pertama 2019 cukup positif pascapenerapan kebijakan registrasi kartu SIM prabayar.

Selain positif dari sisi laba bersih, perseroan pun membukukan pertumbuhan pendapatan lebih besar pada tahun ini.

Pada semester I/2019, EXCL meraup pendapatan sebesar Rp12,26 triliun atau tumbuh 10,95% bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yakni Rp11,05 triliun.

Pertumbuhan yang direalisasikan pada periode ini lebih besar dibandingkan dengan pertumbuhan pendapatan yang dicapai pada semester I/2018 terhadap semester I/2017 sebesar 1,1%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper