Huawei Luncurkan Ponsel Pintar 5G dan Perangkat Hongmeng Pertamanya

Syaiful Millah
Jumat, 26 Juli 2019 | 20:59 WIB
Smartphone Huawei Mate 20 X 5G/Huawei
Smartphone Huawei Mate 20 X 5G/Huawei
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Huawei Technologies akhirnya merilis ponsel 5G pertama di China dan berencana segera meluncurkan televisi pintar (smartphone) yang dilengkapi dengan sistem operasi buatannya sendiri yakni Hongmeng.

Dilansir Reuters, Jumat (26/7/2019), Huawei telah meluncurkan ponsel bernama Mate 20 X 5G untuk pasar domestik dengan banderol harga 6.199 Yuan atau US$901 (sekitar Rp12,5 juta).

Selain itu, dalam acara peluncuran di kantor pusatnya di Shenzhen, perusahaan raksasa teknologi itu menyatakan bakal mengungkap produk televisi yang disebutnya sebagai Smart Screen pada bulan depan.

Disebutkan bahwa produk ini merupakan perangkat pertama yang akan menggunakan sistem operasi Hongmeng. Huawei hanya memberikan sedikit informasi tentang sistem operasi buatannya sendiri itu.

Sebelumnya dikabarkan bahwa Hongmeng merupakan sistem operasi yang sedang dikembangkan Huawei sebagai alternatif pengganti Android milik Google karena tensi perdagangan Amerika Serikat dan China yang memanas.

Akan tetapi, seorang eksekutif senior Huawei awal bulan ini menyatakan bahwa pihaknya akan terus menggunakan Android. Sementara Hongmeng dikembangkan bukan untuk sistem operasi ponsel pintar melainkan perangkat yang terhubung.

CEO Huawei Consumer Business Group Richard Yu mengatakan bahwa Smart Screen Huawei bertujuan untuk menjadi antarmuka utama hiburan dan komunikasi di ruang tamu rumah para penggemar.

Sementara itu, Huawei akan melaporkan hasil kinerja tengah tahunnya minggu depan. Para analis mengatakan bahwa penjualan smartphone yang kuat di China akan mengimbangi dampak pasar luar negeri sejak perusahaan tersebut masuk dalam daftar hitam Amerika Serikat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper