7 Teknologi Baru NTT dan ASO untuk Penggemar Tour de France

Penyedia layanan teknologi global NTT Ltd dan penyelenggara Tour de France Amaury Sport Organisation (A.S.O) memperkenalkan 7 teknologi terbarunya untuk mendigitalisasi bidang olahraga seperti stadion dan velodrom yang terhubung.
Sholahuddin Al Ayyubi
Sholahuddin Al Ayyubi - Bisnis.com 18 Juli 2019  |  06:53 WIB
7 Teknologi Baru NTT dan ASO untuk Penggemar Tour de France
Tour de France - Istimewa
Bisnis.com, JAKARTA - Penyedia layanan teknologi global NTT Ltd dan penyelenggara Tour de France Amaury Sport Organisation (A.S.O) memperkenalkan 7 teknologi terbarunya untuk mendigitalisasi bidang olahraga seperti stadion dan velodrom yang terhubung.
 
Ketujuh teknologi baru dan tengah dilakukan tahap uji coba tersebut adalah peningkatan grafik TV 3D, Augmented Reality (AR), Le Buzz, Pradiktor Catch the Break, Stage Favorit, Cloud Platform Automation, dan Layanan Platform Terkelola.
 
CEO A.S.O Yann Le Moenner mengatakan bahwa pihaknya dan NTT telah merevolusi pengalaman para penggemar Tour de France melalui teknologi tersebut.
Menurutnya, para penggemar Tour de France dapat mengikuti balapan secara real-time melalui Pusat Balap dan membuat saluran pada @letourdata yang mengizinkan setiap data yang ada untuk dapat menceritakan apa yang terjadi di balapan. 
 
"Melalui kemitraan ini, kami yakin bahwa kami bisa terus berinovasi dan mencapai hal-hal yang lebih besar di tahun-tahun mendatang," tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Kamis (18/7/2019).
 
Dia mengungkapkan dewasa ini penggemar acara tersebut di media sosial mengalami peningkatan dari 2,7 juta pada 2014 menjadi 7 juta pada 2019, serta adanya pertumbuhan 14 persen yang memasuki situs web live-tracking (Pusat Balap) dari 2016 hingga 2018 dan penayangan video meningkat lebih 1.000 persen atau dari 6 juta hingga 75 juta pada platform TDF resmi. 
 
Menurutnya, melalui sensor yang dipasang pada setiap sepeda pembalap, tim spesialis NTT akan menganalisis lebih lagi 150 juta titik data per tahap Tour de France dan menggunakan analisis ini untuk memberikan visualisasi data real-time harian ke penggemar di setiap saluran resmi seperti @letourdata.
 
"Platform analitik NTT dan pabrik konten yang kami kembangkan bersama memungkinkan untuk memproduksi sekitar 2.000 konten eksklusif setiap tahun dan yang disiarkan di semua layar. Tambahan baru adalah menambahkan fitur multiwarna pada grafik, pemetaan 3D dan bahkan Palet interaktif," katanya.
 
Sementara itu, CEO NTT Ltd, Jason Goodall menilai bahwa melalui kerja sama tersebut, pihaknya akan mendekatkan penggemar Tour de France kepada pengendara sepeda yang dijagokan. Dia optimistis dapat mendorong inovasi berkelanjutan dari software-defined technologies untuk mendukung transformasi bisnis kliennya.
 
"Kami bangga untuk terus bermitra dengan A.S.O. di panggung balapan sepeda terbesar di dunia yang melibatkan jutaan penggemar dengan berbagai inovasi yang memikat saat ini," katanya.
 
Tour de France ke-106 dimulai pada 6 Juli 2019 di Brussels dan merayakan 100 tahun Yellow Jersey. Brussels juga merupakan rumah bagi Eddy Merckx yang merupakam pemegang rekor karena memakai Yellow Jersey terbanyak. Tur berakhir di Champs-Élysées, Paris pada 28 Juli 2019.
 
NTT menyatukan Dimension Data dan 28 perusahaan menjadi satu bisnis. Sebagai salah satu perusahaan layanan teknologi, NTT menawarkan berbagai teknologi canggih dan layanan untuk memberikan berbagai kemampuan yang tak tertandingi. 
 
Keahliannya dalam memberikan inovasi melalui akses program penelitian dan pengembangan yang komprehensif di Jepang tidak hanya akan meningkatkan inovasi dan nilai brand, tetapi juga memberikan dukungan keuangan yang kuat.
 
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
teknologi, digitalisasi

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top