Heboh Reptil Raksasa Panjat Pagar Rumah Warga, Komodo atau Biawak?

Rayful Mudassir
Jumat, 5 Juli 2019 | 23:38 WIB
Foto: simplenews.co.uk
Foto: simplenews.co.uk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Seekor reptil berukuran besar terekam gambar sedang memanjat pagar rumah warga di Distrik Batu Pahat, Johor, Malaysia 4 Juli lalu. Kejadian itu ikut heboh hingga ke Indonesia.

Seekor reptil berukuran besar kedapatan berusaha masuk dengan memanjat ke pagar rumah warga di distrik tersebut. Namun di Indonesia, warganet malah mempertanyakan tentang kebenaran apakah itu biawak maupun komodo.

Selain menyebarkan beberapa meme tentang binatang tersebut, warganet saling bertanya tentang tentang komodo maupun biawak. Namun tidak sedikit dari netizen menyebut dengan meyakinkan bahwa hal biawak. Lalu apa perbedaan keduanya ?

Sebelum pada perbedaannya, perlu diketahui sejumlah persamaannya. Mulai dari skala, bentuk gigi, perilaku, hingga tengkorak kedua binatang ini sama. Akan tetapi Biawak dan Komodo tetap memiliki perbedaan.

Perbedaan Biawak dengan Komodo adalah ukuran tubuh. Komodo memang memiliki tubuh yang lebih tebal dibandingkan dengan Biawak. Ekor Komodo juga cenderung lebih pendek dibandingkan dengan Biawak.

Namun begitu, sejatinya Komodo merupakan spesies biawak besar yang terdapat di pulau Komodo, Rinca, Flores, Gill Motang, dan Gili Dasami di Nua Tenggara Timur.

Komodo juga telah ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi oleh pemerintah Indonesia. Alhasil melihat fakta tempatnya berkembang biak dan foto reptil yang terekam gambar di Johor, Malaysia, apakah itu biawak atau Komodo?

Hingga kini pembahasan Biawak menjadi salah satu trending topik di Twitter setidaknya telah disebut lebih dari  6.000 kali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Sutarno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper