Anchanto dan Telkom Kolaborasi Garap Solusi E-Commerce

Rahmad Fauzan
Jumat, 5 Juli 2019 | 12:20 WIB
Logo Telkom
Logo Telkom
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Anchanto menggandeng PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk. dalam kerja sama pemasaran produk software-as-a-service untuk belanja online.

Founder & CEO Anchanto Vaibhav Dabhade mengatakan, kemitraan tersebut dilakukan dengan mengembangkan solusi teknologi yang dihadirkan kepada beberapa pihak mulai dari pemegang merek, penjual, peritel, serta distributor dalam memudahkan penjualan dagang-el multikanal.

“Dengan demikian, stabilitas yang sebelumnya dinilai masih kurang di pasar yang terfragmentasi saat ini bagi bisnis e-commerce dapat ditunjang,” ujar Dabhade, Kamis (4/7).

Dabhade menjelaskan pasar dagang-el yang terfragmentasi secara geografis karena wilayah yang luas dan platform karena dilayani oleh banyak perusahaan.

Fragmentasi tersebut dikatakan juga memberikan semacam tantangan bagi platform dagang-el. Pelaku bisnis dagang-el di Indonesia, lanjutnya, mau tidak mau harus melakukan promosi secara sendiri-sendiri sehingga pelanggan kebingungan dalam memilih tempat atau platform untuk berbelanja. Begitu pula dengan para pedagang daring, karena harus menjual banyak barang di banyak lokasi.

Konsekuensi logisnya, ketika seorang pedagang daring menjual barangnya di banyak lokasi, dia juga membutuhkan banyak tenaga kerja dalam mengelola bisnis.

Dabhade membandingkan kondisi pasar daring di Indonesia dengan beberapa negara lain yang lebih maju, seperti Amerika Serikat yang memiliki tidak lebih dari lima atau enam platform dagang-el dan China yang disebutnya hanya memiliki dua plaform besar yang mendominasi, yakni platform milik Alibaba dan Tencent.

Menghadapi kompleksitas pasar tersebut, bersama-sama dengan Telkom, Anchanto meluncurkan dua solusi.

Pertama, SelluSeller yang membantu berbagai bisnis dalam melaksanakan operasi penjualan melalui beragam saluran seperti melalui manajemen katalog, pemrosesan order, pengaturan perubahan harga dan promosi, serta manajemen inventaris pada berbagai saluran penjualan secara real-time.

Kedua, Wareo sebagai sebuah solusi teknologi yang fungsinya berkaitan dengan penaganan operasi logistik dan sistem manajemen e-warehouse.

Senior Business Development Manager Anchanto Vicky Hardiman mengatakan kerja sama dengan pihak Telkom dilakukan untuk memperluas jangkauan pasar sekaligus untuk membentuk konsolidasi bisnis. Dalam melakukan upaya itu, Anchanto dan Telkom kemudian menemukan kesempatan eksplorasi yang membutuhkan tindakan cepat.

“Dengan kerja sama itu, kita mencoba mencakup pasar yang seluas mungkin di Indonesia. Mereka [Telkom] akan lebih fokus untuk meraup pangsa pasar yang tidak bisa kita lakukan sendiri,” ujar Vicky (4/7).

Telkom adalah salah satu investor di Anchanto. Perusahaan telekomunikas pelat merah tersebut menanamkan modal di Anchanto melalaui anak usaha modal venturanya yaitu MDI Ventures pada 2018.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper