Ritase Ekspansi Internasional dengan Modal Segar US$8,5 Juta

Deandra Syarizka
Jumat, 5 Juli 2019 | 11:49 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Ritase mendapatkan pendanaan Seri A senilai US$8,5 juta dari sekelompok investor yang dipimpin oleh Golden Gate Ventures, dan Jafco Asia dan ZWC Ventures.

Sebelumnya, Ritase juga telah menerima penanaman modal dan sejumlah pendanaan pra-seri A sebesar US$4,4 juta dari Insignia Ventures Partners, Mitsubishi Corporation, Beenext, Skystar Capital, Agung Ventures, dan beberapa angel investor.

CEO Ritase Iman Kusnadi menyatakan pendanaan tersebut akan digunakan untuk pengembangan produk, investasi sumber daya manusia (SDM) khususnya bagian teknologi, dan memuluskan rencana ekspansinya ke sejumlah negara di Asia Tenggara.

“Akan ada beberapa fitur produk vertikal yang akan kita rilis dalam waktu dekat, dan akan ekspansi beberapa negara di Asia Tenggara yang belum bisa saya sebutkan,” ujarnya, Kamis (4/7).

Dia menambahkan, perusahaannya berupaya memangkas biaya logistik di Indonesia menjadi lebih efisien, dengan menghubungkan perusahaan besar langsung kepada penyedia logistik. Pihaknya juga berupaya melakukan digitalisasi industri logistik khususnya angkutan truk di Indonesia.

Dalam kurun waktu 2 tahun beroperasi, perusahaannya telah mampu mengakuisisi 7.500 armada dari 500 perusahaan truk yang melayani beberapa perusahaan FMCG (fast moving consumer goods) terbesar di Indonesia seperti Unilever, Nestle, Japfa, Lotte, dan Perfeti Van Melle dan masih banyak lainnya.

Jumlah armada tersebut ditargetkan bertambah setidaknya 40% setiap bulan sesuai target pertumbuhan bisnisnya. Adapun di Indonesia, area operasional Ritase telah menyebar ke berbagai daerah terutama Pulau Jawa dan Sumatra yang memiliki tingkat pergerakan barang cukup tinggi.

Adapun untuk rencana ekspansinya, dia berencana memanfaatkan jaringan dari perusahaan kliennya yang memiliki cabang bisnis di luar negeri. Pihaknya juga tengah mencari mitra maupun talenta lokal yang akan mengoperasikan bisnisnya di negara tujuan.

“Kalau ekspansi pun pasti kita akan memanfaatkan shipper utama kami yang punya bisnis di Filipina, Thailand. Mereka akan mereplikasi success story di Indonesia ke negara lain,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Deandra Syarizka
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper