Ini Dia Kapal Perawatan Jaringan Internet Bawah Laut Pertama di Indonesia

Syaiful Millah
Jumat, 28 Juni 2019 | 23:10 WIB
Kapal CS Teneo/Sumber: istimewa
Kapal CS Teneo/Sumber: istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Optic Marine Indonesia meluncurkan kapal khusus pemeliharaan dan perbaikan jaringan internet bawah laut pertama di Indonesia yang diberi nama CS Teneo.

Komisaris PT Optic Marine Indonesia Isfan Fajar Satryo mengatakan bahwa kehadiran kapal CS Teneo ini merupakan komitmen perusahaan untuk terus mendukung program pemerintah berupa investasi dalam pembangunan jaringan domestik.

“Kehadiran kapal ini dikhususkan untuk perawatan dan perbaikan di perairan dalam negeri. Jarak perairan antarpulau yang cenderung pendek membutuhkan kapal yang lebih gesit agar lebih efisien dalam pemeliharaan maritimnya,” kata Isfar dalam keterangan resmi, Jumat (28/6/2019).

Dia melanjutkan bahwa potensi gempa di wilayah Indonesia yang cukup tinggi menjadi salah satu faktor yang bisa menimbulkan kerusakan pada jaringan kabel bawah laut. Hal tersebut akan berimbas langsung terhadap keberjalanan layanan telekomunikasi di wilayah tersebut.

“Oleh sebab itu, CS Teneo akan membantu dalam merestrukturisasi kerusakan yang terjadi sehingga keberlangsungan layanan digital dan maritime di Indonesia masih dapat terjaga dengan baik,” imbuhnya.

CS Teneo didaparkan dari perusahaan asal Amerika Serikat yang telah memiliki riwayat sebanyak 131 penyelesaian proyek perawatan dan perbaikan. Adapun, kini kapal tersebut telah resmi berbendera Indonesia.

Kapal yang memiliki panjang 81 meter tersebut merupakan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan yang lainnya dan mampu menampung 7 personel dan awak kapal dengan kecepatan sebesar 13 knots. Selain itu, kapal ini juga dilengkapi dengan mesin diesel elektrik yang mampu melakukan fungsi perawatan kabel bawah laut di perairan Indonesia secara lebih efisien.

Kapal CS Teneo mampu berlayar selama 60 hari dan memiliki berbagai solusi kelengkapan armada seperti Mainlay CS lle De Re, tug boat, cable barge, dan pemeliharaan serta perbaikan jaringan kabel bawah laut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper