Pengguna Facebook dan Instagram Di Indonesia Terbanyak Keempat Dunia

Rahmad Fauzan
Selasa, 25 Juni 2019 | 18:28 WIB
Logo Facebook/Reuters
Logo Facebook/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Pengguna Facebook dan Instagram di Indonesia dinyatakan sebagai yang terbanyak keempat di dunia.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh CupoNation dari Statista per 25 Juni 2019, jumlah pengguna Facebook di Indonesia mengalahkan Meksiko, Filipina, Vietnam, dan Thailand. Sementara itu, untuk jumlah pengguna Instagram, Indonesia berhasil mengalahkan Rusia, Turki, Jepang, dan Inggris.

Total pengguna Facebook Tanah Air pada awal 2019 mencapai 120 juta atau 44,94% dari total populasi. Berdasarkan data NapoleonCat yang dikumpulkan oleh CupoNation, pengguna Facebook di Indonesia didominasi oleh laki-laki, yakni 11% lebih banyak dari perempuan.

Sementara itu, berdasarkan demografi pengguna, pengguna Facebook terbanyak berada pada kalangan umur 18—34 tahun untuk perempuan dan 25—34 tahun untuk laki-laki.

Indonesia pun bersanding dengan India di peringkat pertama dengan total pengguna 290 juta atau 19,01% dari total populasi, Amerika Serikat di peringkat kedua dengan total pengguna 190 juta atau 57,76% dari total populasi, dan Brasil di peringkat ketiga dengan total pengguna 120 juta atau 57,06% dari total populasi.

Untuk Instagram, Indonesia juga menjadi negara dengan jumlah pengguna terbanyak keempat di dunia. Jumlah pengguna Instagram di Tanah Air mencapai 56 juta atau 20,97% dari total populasi.

Angka tersebut, bersanding di jajaran empat besar negara dengan pengguna Instagram terbanyak, yakni Amerika Serikat di peringkat pertama dengan total pengguna 110 juta atau 33,44% dari total populasi, Brasil dengan total pengguna 66 juta atau 31.38% dari total populasi, dan India dengan total pengguna 64 juta atau 4,68% dari total populasi.

Di Indonesia, pengguna Instagram terbanyak berasal dari rentang usia 18 tahun hingga 24 tahun untuk pria dan wanita. Data NapoleonCat juga mengungkapkan, pada awal 2019, rata-rata jumlah pengguna Instagram laki-laki 1,9% lebih banyak dibandingkan dengan pengguna perempuan.

Sementara itu, untuk angka penggunaan aplikasi, studi Statista yang dikutip CupoNation mengungkapkan Whatsapp merupakan aplikasi terpopuler di Indonesia diiringi oleh Line dan Facebook Messenger.

Di Indonesia, tingkat penetrasi Whatsapp mencapai 83%, Line 59%, Facebook Messenger 47%, Blackberry Messenger 38%, dan WeChat 28%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper