Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Trafik Lebaran Indosat Paling Ramai di Jawa Tengah

Peningkatan lalu lintas data didorong oleh tingginya penggunaan aplikasi media sosial seperti Youtube, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan mobile gaming.
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 11 Juni 2019  |  17:31 WIB
Pegawai Indosat Ooredoo memantau kualitas jaringan di i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center) - Indosat
Pegawai Indosat Ooredoo memantau kualitas jaringan di i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center) - Indosat

Bisnis.com, JAKARTA — PT Indosat Tbk.  mencatatkan peningkatan lalu lintas data pada liburan Hari Raya Idulfitri sebesar 40,88% dibandingkan dengan hari biasa. Bahkan, lalu lintas data Indosat Ooredoo pada H-3 Lebaran mencapai sekitar 8.997 terabyte.

Adapun jika dibandingkan dengan Lebaran 2018, peningkatan lalu lintas data sebesar 68,53%.

Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk mengatakan peningkatan lalu lintas data didorong oleh tingginya penggunaan aplikasi media sosial seperti Youtube, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan mobile gaming seperti Mobile Legend dan Free Fire selama Lebaran.

"Penggunaan trafik data tertinggi terjadi di area Jawa Tengah," kata Turina dalam rilis yang diterima Bisnis, Selasa (11/6/2019).

Turina menambahkan seiring dengan tren digital, lalu lintas voice selama masa Lebaran mengalami penurunan sekitar 13% dibandingkan dengan hari biasa.

Meski demikian, lanjutnya, lalu lintas SMS justru mengalami peningkatan sekitar 5% selama H-7 sampai H+5 Lebaran 2019 dibandingkan dengan lalu lintas reguler pada hari biasa.

"Keberhasilan pengiriman SMS baik itu sesama pelanggan Indosat Ooredoo maupun antaroperator mencapai lebih dari 91% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator," kata Turina.

Turina mengatakan dalam mengantisipasi peningkatan lalu lintas data, Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya selama masa-masa mudik dan perayaan Lebaran 2019.

Selain itu, Indosat Ooredoo juga melakukan pemantauan intensif kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC), pemantauan kualitas layanan melalui Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), serta mengaktifkan Command Center Lebaran yang beroperasi 24 jam.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

indosat
Editor : Demis Rizky Gosta
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top