Trafik Lebaran Indosat Paling Ramai di Jawa Tengah

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 11 Juni 2019 | 17:31 WIB
Pegawai Indosat Ooredoo memantau kualitas jaringan di i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center)/Indosat
Pegawai Indosat Ooredoo memantau kualitas jaringan di i-NOC (Indosat Ooredoo Network Operation Center)/Indosat
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Indosat Tbk.  mencatatkan peningkatan lalu lintas data pada liburan Hari Raya Idulfitri sebesar 40,88% dibandingkan dengan hari biasa. Bahkan, lalu lintas data Indosat Ooredoo pada H-3 Lebaran mencapai sekitar 8.997 terabyte.

Adapun jika dibandingkan dengan Lebaran 2018, peningkatan lalu lintas data sebesar 68,53%.

Group Head Corporate Communications Indosat Ooredoo, Turina Farouk mengatakan peningkatan lalu lintas data didorong oleh tingginya penggunaan aplikasi media sosial seperti Youtube, WhatsApp, Facebook, Instagram, dan mobile gaming seperti Mobile Legend dan Free Fire selama Lebaran.

"Penggunaan trafik data tertinggi terjadi di area Jawa Tengah," kata Turina dalam rilis yang diterima Bisnis, Selasa (11/6/2019).

Turina menambahkan seiring dengan tren digital, lalu lintas voice selama masa Lebaran mengalami penurunan sekitar 13% dibandingkan dengan hari biasa.

Meski demikian, lanjutnya, lalu lintas SMS justru mengalami peningkatan sekitar 5% selama H-7 sampai H+5 Lebaran 2019 dibandingkan dengan lalu lintas reguler pada hari biasa.

"Keberhasilan pengiriman SMS baik itu sesama pelanggan Indosat Ooredoo maupun antaroperator mencapai lebih dari 91% yang berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS walau terjadi kepadatan jalur pengiriman antar operator," kata Turina.

Turina mengatakan dalam mengantisipasi peningkatan lalu lintas data, Indosat Ooredoo telah menyiapkan kapasitas jaringannya selama masa-masa mudik dan perayaan Lebaran 2019.

Selain itu, Indosat Ooredoo juga melakukan pemantauan intensif kualitas jaringan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC), pemantauan kualitas layanan melalui Indosat Ooredoo Service Operation Center (ISOC), serta mengaktifkan Command Center Lebaran yang beroperasi 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper