China Beri Izin Pengembangan 5G untuk Empat Perusahaan Swasta

Pemberian lisensi tersebut dapat membuka inovasi teknologi misalnya artificial intelligence dan mobil otomatis
Amanda Kusumawardhani
Amanda Kusumawardhani - Bisnis.com 06 Juni 2019  |  12:20 WIB
China Beri Izin Pengembangan 5G untuk Empat Perusahaan Swasta
Seorang wanita mengoperasikan ponselnya di dekat logo teknologi 5G. - REUTERS/Sergio Perez

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Industri dan Informasi Teknologi China memberikan lisensi 5G kepada empat perusahaan lokal yakni China Telecom, China Mobile, China Unicom, dan China Broadcasting Network Corp.

Pengamat industri telekomunikasi meyakini pemberian lisensi tersebut dapat membuka inovasi teknologi misalnya artificial intelligence dan mobil otomatis.

Seperti dikutip dari Reuters, Kamis (6/6/2019), Kementerian Industri dan Informasi Teknologi telah memberikan lisensi 5G kepada tiga BUMN China. Namun, ini merupakan yang pertama kali bagi China memberikan izin bagi perusahaan swasta untuk mengembangkan inovasi 5G.

Tak hanya itu, China juga membuka pintu lebar-lebar bagi masuknya perusahaan asing yang tertarik untuk mengembangkan industri 5G.

Keluarnya lisensi untuk lima perusahaan tersebut tak lama setelah Huawei Technologies Co Ltd masuk dalam daftar hitam AS yang mengakibatkan perusahaan asal China ini tidak bisa bekerjasama dengan perusahaan AS.

Pemerintah AS bahkan juga melarang Huawei untuk mengembangkan teknologi 5G untuk operator AS demi mengamankan kepentingan negara. AS juga berusaha mengajak negara lain untuk melakukan hal serupa.

Sementara itu, Huawei menyatakan alasan AS yang memasukkan perusahaan itu ke dalam daftar hitam adalah sangat tidak berdasar dan tidak memiliki bukti yang kuat.

Huawei menyatakan bahwa perusahaannya tengah mengembangkan teknologi 5G di sejumlah negara. Perusahaan teknologi raksasa asal China ini mengklaim sudah menandatangani kesepakatan dengan 30 negara dan telah mengirim stasium 5G lebih dari 100.000 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
teknologi 5G

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top