Ini 5 Aplikasi Seru Untuk Membuat Kartu Ucapan Lebaran

Newswire
Rabu, 5 Juni 2019 | 21:12 WIB
Pedagang menata ketupat yang terbuat dari daun kelapa atau janur di Kota Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Minggu (2/6/2019)./ANTARA - Syifa Yulinnas.
Pedagang menata ketupat yang terbuat dari daun kelapa atau janur di Kota Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Minggu (2/6/2019)./ANTARA - Syifa Yulinnas.
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Mengirimkan ucapan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada keluarga, teman dan kolega sudah menjadi tradisi yang tidak pernah dilewatkan.

Ucapan Lebaran, dulunya dikirimkan dalam bentuk kartu dengan gambar bertema Idul Fitri, disertai tulisan "Selamat Idul Fitri". Kebiasaan mengirim kartu Lebaran kemudian bergeser menjadi pesan singkat karena dinilai lebih praktis dan murah.

Kini, Anda bisa membuat pesan ucapan Lebaran dalam bentuk gambar, bukan hanya tulisan, lewat ponsel pintar dan mengirimkannya.

Berikut ini kumpulan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri hanya dengan bermodal ponsel, seperti dirangkum Antara.

1. Aplikasi edit foto bawaan
Setiap ponsel umumnya memiliki fitur bawaan untuk mengedit foto, misalnya untuk memotong foto. Cara melihat fitur ini, buka foto dari galeri dan cari opsi atau ikon untuk mengedit.

Gunakan foto yang ingin dijadikan latar kartu digital, misalnya foto sekeluarga usai shalat Ied, dan beri teks ucapan Lebaran.

2. PicsArt
Aplikasi PicsArt sebenarnya ditujukan untuk menyunting gambar, namun, mereka memiliki opsi membuat gambar dari kanvas kosong. Pengguna bisa memasukkan template dan background yang diinginkan lalu diberi teks.

PicsArt juga memiliki fitur kuas sehingga pengguna bisa membuat gambar sendiri atau tulisan tangan.

3. Canva
Aplikasi ini dapat dipakai untuk membuat kartu ucapan, flyer hingga poster hanya dengan menggunakan ponsel. Canva menyediakan template kartu ucapan untuk berbagai momen, termasuk Hari Raya Idul Fitri.

Template ucapan Lebaran yang disediakan Canva seluruhnya berbahasa Inggris, namun, pengguna bisa mengedit teks tersebut dan menggantinya dengan ucapan yang diinginkan.

4. Overlay
Aplikasi mengedit foto ini memiliki fitur untuk menambahkan teks ke foto yang diinginkan. Ucapan "Selamat Lebaran" yang dibuat lewat aplikasi ini juga dapat dihiasi bingkai yang lucu.

5. Snapseed
Aplikasi mengolah foto buatan Google ini memiliki banyak pilihan untuk filter dan tone warna untuk mengatur kecerahan gambar. Selain itu, Snapseed dibekali fitur teks yang dapat digunakan untuk menulis ucapan Lebaran.

Teks dari Snapseed sudah dihiasi dengan bingkai atau balon ucapan seperti di komik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Newswire
Editor : Maftuh Ihsan
Sumber : Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper