Ini Penyebab Internet di Indonesia Lambat

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 3 Juni 2019 | 10:34 WIB
Ilustrasi kafe siber/wikimedia commons
Ilustrasi kafe siber/wikimedia commons
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Lambatnya internet di Indonesia dibandingkan dengan negara-negara lain di Asia tenggara mendapat sorotan Information and Communication Technology (ICT).

Direktur Eksekutif Information and Communication Technology (ICT) Institute Heru Sutadi berpendapat lambatnya jaringan internet di Indonesia karena pemerintah lambat dalam mengakselerasi infrastruktur digital sehingga tertinggal dari negara lain khususnya negara-negara Asia Tenggara.

“Harusnya kan [SKKL] Palapa Ring bisa selesai 2017 kalau sejak 2015 Menkominfo langsung bekerja membangun Palapa Ring,” kata Heru kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Heru menambahkan, hadirnya Palapa Ring sebenarnya berdampak pada peningkatan kecepatan internet khususnya di wilayah Timur dan sedikit wilayah Tengah.

Hanya saja, hingga saat ini Palapa Ring Timur belum beroperasi secara komersil sehingga kecepatan internet belum terlihat.

Dia mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo, agar menempatkan orang yang tepat di Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) saat membentuk kabinet baru.

Heru mengatakan Menkominfo adalah orang yang cepat beradaptasi dan langsung bekerja setelah dilantik khususnya  dalam mengakselerasi infrstruktur digital.

“Jadi pengetahuan dan pengalaman membangun infrastruktur telekomunikasi harus kuat, mengerti dan punya visi bagaimana dan ke mana ekonomi digital akan dibawa, dan bisa mengeksekusi rencana bukan sekadar jadi wacana,” kata Heru.

Sebelumnya, Opensignal, sebuah perusahaan swasta yang mengkhususkan diri dalam pemetaan cakupan nirkabel, belum lama, melakukan penelitian mengenai kecepatan jaringan internet di 87 negara yang terdapat di Eropa, Amerika Latin, Amerika Utara, Afrika dan Asia Pasifik. Penelitian dilakukan pada periode 1 Januari–31 Maret 2019 dengan melibatkan 43,61 juta perangkat.

Hasilnya, di antara negara Asia Tenggara (Asean), Indonesia menempati urutan  ketiga sebagai negara dengan pengalaman mengunduh paling lambat, setelah Thailand di urutan kedua (5,7 Mbps) dan Kamboja di urutan pertama (5,6 Mbps).

Indonesia tertinggal jauh dari negara tetangga yaitu Malaysia dan Singapura. Masing–masing memiliki kecepatan unduh sebesar 11,5 Mbps dan 39,3 Mbps. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Maftuh Ihsan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper