Operator Seluler Pastikan Keandalan Jaringan Telekomunikasi di Sepanjang Jalan Tol

Sejumlah operator seluler berlomba mengawal jaringan sepanjang jalan tol yang dilewati para pemudik selama masa mudik Lebaran
Operator Seluler Pastikan Keandalan Jaringan Telekomunikasi di Sepanjang Jalan Tol
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 03 Juni 2019  |  09:42 WIB
Operator Seluler Pastikan Keandalan Jaringan Telekomunikasi di Sepanjang Jalan Tol
Teknisi memeriksa perangkat BTS (Base Transceiver Station) di dekat jalan tol Trans Jawa, Ngawi, Jawa Timur, Minggu (12/5/2019). - ANTARA/Nando

Bisnis.com, JAKARTA—Sejumlah operator seluler berlomba mengawal jaringan sepanjang jalan tol yang dilewati para pemudik selama masa mudik Lebaran.

Group Head Corporate Communication XL Axiata Tri Wahyuningsih mengatakan perseroan mengamankan koneksi di sepanjang jalur tol baru, di Jawa maupun Sumatra yang kemungkinan bakal menjadi jalur utama masyarakat selama libur Lebaran.

Terhadap jaringan inti milik XL Axiata, pihaknya telah dilakukan peningkatan kapasitas secara menyeluruh, terutama terhadap radio akses (RAN) sekitar 1.700 BTS, 250 jalur/hop transport, serta sistem utama core (CGSN) paket data.

“Perusahaan juga menyiapkan sekitar 50 MBTS dan 10.000 BTS di jalur mudik, tujuan mudik, dan tempat-tempat wisata. Di sepanjang Pulau Jawa, baik jalur tolTrans Jawa maupun jalur kereta api Jakarta – Surabaya, sudah dilengkapi dengan jaringan 4G Lte,” kata Tri kepada Bisnis beberapa waktu lalu.

Tri menambahkan XL Axiata memprediksi, peningkatan trafik data hingga sekitar 30% dibandingkan hari-hari biasa. Akses pada layanan streaming kemungkinan akan mengalami kenaikan yang signifikan, akibat streaming video maupun musik.

Sementara itu, Direktur Utama PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk., Ririek Adriansyah mengatakan jalan tol menjadi fokus pengamanan jaringan Telkomsel.  Perseroan, sambungnya, menyiapkan 2.226 BTS, termasuk 666 BTS 4G di sebanyak 16 ruas tol utama di Sumatra dan Jawa, termasuk 12 ruas tol baru.

Ririek menjelaskan di jalan utama dan jalan tol Trans Sumatra kekuatan sinyal Telkomsel mencapai 90,34% dengan success call mencapai 98,18%.

Adapun di jalan utama dan jalan tol Trans Jawa kekuatan sinyal Telkomsel, sambungnya, mencapai 98,39% dengan success call mencapai 99,39%. Sedangkan di jalur kereta api Trans Jawa kekuatan sinyal Telkomsel mencapai 97,01% dengan success cal lmencapai 98,93%.

 “Untuk coverage jalur utama tol Trans Sumatra, tol Trans Jawa dan kereta api Trans Jawa sudah di-cover sinyal Telkomsel secara continues 100%,” kata Ririek di Bali, beberapa waktu lalu.

Disamping itu,sambungnya, Telkomsel juga menambah kapasitas jaringan pada 10.000 BTS 4G, mengoperasikan 70 mobile BTS, menambah kapasitas gateway internet 15% dari kapasitas existing menjadi 4.700 Gbps, menambah kapasitas sistem IT untuk layanan, dan menambah kapasitas layanan isi ulang pulsa.

Kemudian PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) memprediksi lonjakan trafik hingga 30%-50% terjadi sejak H-7 hingga H+3 hari raya Idulfitri.

VP Network Strategic Planning and Customer Tri Indonesia Gustiansyah Wilson mengatakan pihaknya melakukan ekspansi jaringan di wilayah Sumatera, Jawa, dan Sulawesi dengan membangun 8.000 BTS,  kombinasi antara 4G dan 4,5G untuk mengantisipasi hal tersebut,.

Dia menambahkan Tri Indonesia juga akan mengatur pengalihan kapasitas selama mudik hingga arus balik dengan memanfaatkan teknologi Network Function Virtualization (NFV).

Virtualization tidak ada hubungan one to one connection, semuanya virtual. Dengan teknologi ini bisa mudah melakukan pengalihan kapasitas,” jelas Gusti.

Tidak hanya itu, Tri juga akan memasang 37 MBTS yang tersebar mulai dari Bakauheni hingga Sidoarjo.

Sementara itu, VP Technology Relations and Special Project Smartfren Munir Syahda Prabowo perseroan telah menambahkan kapasitas sebesar 30% di sejumlah titik.

Perseroan juga mempersiapkan team task force yang akan memantau jalur mudik, lokasi publik dan kota tujuan pada masa Lebaran. Dia memperkirakan peningkatan terjadi di beberapa lokasi, meliputi Pelabuhan Merak, Cilegon, Tasikmalaya, Magelang, Madiun, dan Banyuwangi.

Group Head Marketing Brand Strategic Indosat Tbk. (Indosat Ooredoo) Fahroni Arifin mengatakan pihaknya telah menyiapkan 16 Posko menjelang mudik Lebaran.

Di posko tersebut, sambungnya, terdapat beberapa cemilan dan minuman bagi pemudik. Posko digelar di Pulau Jawa dan Luar Jawa yang menjadi titik arus mudik terpadat.

"Kamu juga akan ada extend di 34 titik lainnya," kata Fahroni.

Disamping itu, Chief Technology Officer PT Indosat Ooredoo, Dejan Kastelic mengatakan perusahaan telah meningkatkan kapasitas data menjadi 18.4 Terabyte/hari. Kapasitas data yang disiapkan ini untuk memenuhi puncak kenaikan trafik data yag diprediksi meningkat sebesar 15-20%.

Adapun untuk kapasitas layanan SMS disiapkan hingga 975 juta SMS / hari, dan kapasitas layanan suara disiapkan hingga 37 juta Erlang/hari.

“Penambahan sumber daya yang akan melakukan monitoring jaringan menjadi komitmen kami untuk memastikan kenaikan trafik telekomunikasi dapat kami antisipasi semakin baik di momen penting tersebut,” kata Kastelic.   

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
telekomunikasi

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top