Proyek Palapa Ring Jadi Tulang Punggung Akses Internet di Daerah 3T

Kementerian Komunikasi dan Informatika berambisi untuk membawa Indonesia merdeka sinyal sebelum peringatan Dirgahayu Ke-74 Republik Indonesia. Salah satu caranya lewat Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang memberikan akses intenet ke daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T).
Leo Dwi Jatmiko
Leo Dwi Jatmiko - Bisnis.com 03 Juni 2019  |  09:34 WIB
Proyek Palapa Ring Jadi Tulang Punggung Akses Internet di Daerah 3T
Teknisi melakukan perbaikan Base Tranceiver Station (BTS) milik salah satu operator selular di Makassar, Sulawesi Selatan. - Bisnis/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Komunikasi dan Informatika berambisi untuk membawa Indonesia merdeka sinyal sebelum peringatan Dirgahayu Ke-74 Republik Indonesia. Salah satu caranya lewat Sistem Komunikasi Kabel Laut (SKKL) yang memberikan akses intenet ke daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T).

Saat ini, proyek Palapa Ring tinggal menyisakan Wilayah Timur yang belum rampung karena sejumlah hal seperti keamanan dan medan geografis yang terjal.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Badan Aksesibilitas Telekomonukasi dan Informasi (Bakti), sebagai badan yang fokus dalam membangun jaringan di daerah 3T,  menyebutkan bahwa proyek SKKL Palapa Ring Timur telah selesai 96,5%.

Hadirnya Palapa Ring, khususnya yang di kawasan Barat menjadi pembeda pada Lebaran tahun ini. Saat ini, sejumlah operator seluler seperti XL Axiata dan Smartfren telah menyewa sejumlah proyek SKKL Palapa Ring Barat.

Sementara itu, Indosat Ooredoo, selain menyewa juga telah menjalin kerja sama untuk memanfaatkan jaringan Palapa Ring Barat dalam pengembangan Internet of Things (IoT).

Diketahui, Palapa Ring Barat melewati sejumlah kabupaten/kota di Barat Indonesia seperti Dumai, Siak, Bengkalis, Karimun, Tebing Tinggi, Batam, Kuala Tungkal, Daik Lingga, Tarempa, Ranai dan Singkawang.

Kehadiran Palapa Ring menandakan bahwa akses internet telah masuk ke kabupaten/kota tersebut. Adapun untuk Palapa Ring Tengah yang belum lama telah dikomersilkan sejauh ini diketahui baru diminati, data terakhir menyebutkan belum ada operator yang secara resmi menggunakan atau menyewa Palapa Ring Tengah.

Adapun Palapa Ring Tengah meliputi kabupaten/kota Sendawar, Long Bangun, Kendari, Wanggudu, Bungku, Petasia, Tentena, Wawoni, Raha, Saweregadi, Lakudo, Burangga, Baubau, Luwuk, Salakan, Banggai, Taliabu, Sanana. Kemudian, Manado, Ondong, Siau, Tahuna, Melonguane, Morotai, Tobelo, Ternate, Tidore dan Sofifi.   

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
internet

Editor : Bunga Citra Arum Nursyifani

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top