Inilah 3 Profesi yang Paling Sering Mengakses Internet

Leo Dwi Jatmiko
Selasa, 21 Mei 2019 | 08:06 WIB
Ilustrasi/Hoovers
Ilustrasi/Hoovers
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Survei Nasional Penetrasi Internet 2018 mengungkapkan bahwa pekerjaan wirausaha besar, guru dan pedagang onlineshop merupakan tiga pekerjaan yang paling sering mengakses internet.

Ketiga profesi menempati urutan teratas dengan penggunaan internet mencapai 100 persen. Menyusul kemudian profesi lainnya seperti Jasa konsultan, mahasiswa dan Aparatur Sipil Negara, penggunaan internetnya mencapai 94,7 persen, 92,1 persen, dan 90,9 persen.

Sementara, petani penggarap, buruh tani dan petani lahan sendiri menempati urutan terbawah dalam penetrasi internet penggunaan internet masing-masing tercatat, 20,3 persen, 25,7 persen, dan 33,5 persen.  

Adapun berdasarkan umur, tercatat rentan usia 15 -19 tahun menjadi usia yang paling banyak menggunakan internet. Sementara itu, semakin tinggi usia seseorang terlihat penggunaan internet mereka makin berkurang.

Berdasarkan survei, penetrasi internet terhadap seseorang dengan suia 65 tahun keatas hanya 8,5 persen.

Kemudian dari segi pendidikan, mayoritas pengguna internet di Indonesia ada dua. Pertama, orang yang pernah kuliah namun tidak tamat. Kedua, pengguna yang tamat S3. Penggunaan internet masing-masing bidang pendidikan mencapai 100 persen.

Diketahui, Survei Nasional Penetrasi Internet 2018 melibatkan 5.900 sampel dengan margin of Error 1,28 persen. Sampel yang diambil adalah orang yang telah berinternet lebih dari tiga bulan sejak akhir 2018. Survei ini dilaksanakan mulai dari 9 Maret – 14 April 2019.

Adapun teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling, dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan bantuan kuesioner. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper