Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Pakai Aplikasi Umma, Tiap Ibadah Dapat 100 Poin

Poin yang terkumpul kemudian dapat didonasikan oleh pengguna dalam bentuk uang tunai ke badan amal yang dipilih oleh pengguna tersebut.
Deandra Syarizka
Deandra Syarizka - Bisnis.com 02 Mei 2019  |  17:26 WIB
Dari kiri ke kanan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Imam Rulyawan, Head of Third-Party Platform Gojek Sony Radhityo, CEO Umma Indra Wiralaksmana, dan CEO Kitabisa.com Alfatif Timur dalam peluncuran program Ramadhan Ummah (Rummah) pada Kamis (2/5/2019) di Jakarta - Bisnis/Deandra Syarizka
Dari kiri ke kanan, Direktur Utama Dompet Dhuafa Imam Rulyawan, Head of Third-Party Platform Gojek Sony Radhityo, CEO Umma Indra Wiralaksmana, dan CEO Kitabisa.com Alfatif Timur dalam peluncuran program Ramadhan Ummah (Rummah) pada Kamis (2/5/2019) di Jakarta - Bisnis/Deandra Syarizka

Bisnis.com, JAKARTA — Umma,  platform muslim berbasis komunitas dengan teknologi kecerdasan buatan,  meluncurkan program Ramadan Ummah (Ummah) yang mempermudah pengguna dalam beribadah, belajar serta berdonasi bersama dengan pengguna lainnya dalam menyambut Bulan Suci Ramadan 1440 H

CEO dan Co-Founder Umma Indra Wiralaksmana menyatakan, sejak dirilis dalam versi beta pada tahun lalu, pihaknya melihat adanya lonjakan penggunaan aplikasi saat Ramadan. Menurutnya, konten terkait Ramadan banyak dicari oleh masyarakat, mulai dari jadwal imsak dan waktu salat, resep Ramadan untuk makanan sahur dan berbuka, dan konten keagamaan lainnya.

“Untuk membantu umat muslim semakin mudah beribadah dan bersama-sama menjadi khairu ummah, di Ramadhan tahun ini kami menghadirkan fitur Ramadhan khusus. Di mana, fitur ini menjadi one stop solution untuk para pengguna kami untuk lebih mudah beribadah dan melakukan berbagai amalan di Bulan Suci,” ujarnya, Kamis (2/5).

Dia melanjutkan, Program Rummah yang merupakan fitur khusus Ramadan dari Umma, menawarkan berbagai konten penunjang pelaksanaan ibadah sepanjang Bulan Suci.

Fitur penunjang beribadah terdiri dari waktu salat dan penunjuk arah kiblat yang dapat digunakan di lokasi manapun berbasis GPS.  Untuk memperdalam ajaran agama Umma menyediakan beragam artikel siraman rohani dan berbagai video kajian ustaz sehingga  kaum muslim dapat menambah pengetahuan mengenai agamanya. Konten yang ada dipersonalisasi sesuai ketertarikan pengguna dengan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan.

Selain itu, ada konten Ramadan berupa bacaan-bacaan dan tips bermanfaat termasuk resep-resep makanan untuk membantu umat menjalankan ibadah puasa dengan baik dan meraih kesuksesan Ramadan.

Ada juga fitur Mutaba’ah Yaumiyah yang bisa digunakan untuk merekam kegiatan ibadah pengguna sehari-hari di sepanjang Ramadan.  Melalui Mutaba’ah Yaumiyah pada aplikasi Umma, pengguna akan mendapatkan poin untuk setiap aktivitas ibadah dan amalan harian yang telah dilakukan dan direkam.  Poin yang terkumpul dapat kemudian didonasikan oleh pengguna dalam bentuk uang tunai ke badan amal yang dipilih oleh pengguna tersebut.

Fitur Mutaba’ah Yaumiyah, kata Indra, merupakan perwujudan dari misi Umma untuk mengajak para penggunanya bersama-sama menuju kebaikan.   Nantinya, pengguna akan mendapatkan 100 poin setiap mengerjakan satu ibadah yang terdapat dalam fitur tersebut.

Poin maksimal yang dapat diperoleh bila pengguna mengerjakan seluruh ibadah, bila ditotal pada akhir Ramadan dapat mencapai 57.400 poin yang dapat dikonversi menjadi Rp574.000, yang dapat didonasikan melalui Dompet Dhuafa dan Kitabisa.com.

“Kami berharap pengguna umma bisa mewujudkan ketercapaian target total donasi Rp1 miliar melalui fitur Mutaba’ah Yaumiyah yang ada,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

StartUp Ramadan
Editor : Demis Rizky Gosta
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top