Xiaomi Hingga Oppo Kuasai Pasar Ponsel Pintar

Rayful Mudassir
Sabtu, 27 April 2019 | 09:59 WIB
Xiaomi Mi 8 Lite/Antara
Xiaomi Mi 8 Lite/Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Merek-merek ponsel pintar memecahkan rekor dengan menguasai 66% pasar ponsel pintar India pada kuartal I/2018 yang dipimpin oleh Xiaomi Corp dengan volume kenaikan 20 persen karena popularitasnya bersama merek-merek seperti Vivo, RealMe dan Oppo.

Lembaga riset, Counterpoint Research yang berbasis di Hong Kong menyebut pengiriman Xiaomi di India turun 2% dibanding tahun lalu. Akan tetapi perusahaan yang berbasis di Beijing itu masih merupakan merek smartphone terbesar di India, diikuti oleh Samsung Electronics Co Ltd.

Sementara itu, volume pengiriman untuk Vivo melonjak 119% diikuti Oppo yang naik 28%

“Portofolio Vivo yang berkembang di kisaran menengah [US$100 - US$180] mendorong pertumbuhannya bersamaan dengan kampanye kriket Liga Premier India yang agresif,” kata analis Counterpoint dilansir Reuters, Sabtu (26/4/2019).

India adalah pasar smartphone dengan pertumbuhan tercepat di dunia, di mana harga yang terjangkau ditambah dengan fitur-fitur seperti kamera selfie dan layar besar telah mempopulerkan merek-merek asal Negeri Tirai Bambu.

Adapun layanan streaming video seperti Netflix Inc dan Hotstar, serta penggunaan aplikasi perpesanan seperti WhatsApp Facebook Inc. semakin mendorong permintaan untuk gawai canggih tersebut.

"Konsumsi data sedang meningkat dan pengguna meningkatkan ponsel mereka lebih cepat dibandingkan dengan daerah lain," jelas Counterpoint Tarun Pathak.

Sebagai akibatnya, spesifikasi premium kini menyebar lebih cepat ke merek-merek dengan harga menengah. "Kami memperkirakan tren ini akan terus mengarah ke segmen menengah yang kompetitif di kuartal mendatang."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper