Hutchison dan Thohir Suntik Tri Rp47 Triliun

Leo Dwi Jatmiko
Senin, 22 April 2019 | 10:20 WIB
Logo Hutchison 3 Indonesia/H3I
Logo Hutchison 3 Indonesia/H3I
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — PT Hutchison 3 Indonesia mendapatkan dana segar untuk meneruskan pertarungan di pasar telekomunikasi seluler yang makin kompetitif. Hutchison Asia Telecom dan PT Tiga Telekomunikasi yang terafiliasi dengan pengusaha Garibaldi Thohir menyuntik modal segar sekitar Rp47 triliun ke Tri.

Wakil Direktur Utama Hutchison 3 Indonesia Danny Buldansyah menjelaskan bahwa PT Hutchison 3 Indonesia (Tri Indonesia) menerbitkan saham baru atas usulan dari pemegang saham PT Cyber Access Communications dan Tiga Telekomunikasi.

Penerbitan saham baru itu diserap oleh Hutchison Asia Telecom dan Tiga Telekomunikasi, sedangkan PT Cyber Access Communications yang sebelumnya merupakan pemegang saham mayoritas sebesar 65% tidak mengeksekusi seluruh haknya.

“Saat ini, prosesnya [penerbitan saham baru Hutchison 3 Indonesia] masih menunggu tanda tangan Menteri [Komunikasi dan Informatika]. Tambahan modal itu untuk memperkuat struktur finansial perusahaan,” katanya kepada Bisnis, Minggu (21/4).

Setelah aksi korporasi itu rampung, Hutchison Asia Telecom bakal menjadi pemegang saham mayoritas sebesar 66% dengan menyerap saham baru senilai Rp31 triliun, sedangkan kepemilikan Cyber Access Communications turun menjadi 1%.

Sementara itu, kepemilikan Tiga Telekomunikasi turun menjadi 33% dari sebelumnya 35% karena perusahaan tersebut hanya membeli saham baru sebesar Rp16 triliun— Rp17 triliun. (Lihat grafis)

“Walaupun berkurang dari 35% menjadi 33%, tetapi bukan berarti menjual karena dalam penerbitan saham baru, dia [Garibaldi Thohir] belinya lebih sedikit saja. Di peraturan, 67% [maksimal dimiliki] asing kan, masih sesuai dengan aturan,” papar Danny.

Hingga berita ini diturunkan, Garibaldi Thohir tidak memberikan komentar saat dikonfirmasi oleh Bisnis mengenai transaksi penambahan modal tersebut.

Adapun, pria yang akrab disapa Boy Thohir ini masuk ke Tri Indonesia pada 2013 dengan membentuk konsorsium bersama Patrick Walujo—pendiri Northstar Group—dan membeli 35% kepemilikan saham Charoen Pokphand, konglomerat asal Thailand.

CEO dan Presiden Direktur Hutchison 3 Indonesia Cliff Woo mengatakan, kinerja usaha Tri Indonesia tumbuh dengan baik. Perseroan mampu membukukan kenaikan pendapatan dua digit secara tahunan pada 2018.

Selain itu, dia mengklaim bahwa EBITDA (Earnings Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization) melonjak empat kali lipat pada 2018 dengan jumlah pelanggan mencapai 37 juta.

Trafik data Tri Indonesia meningkat lebih dari 80% pada tahun lalu dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Dalam operasionalnya, perusahaan menggunakan sekitar 25.000 base transceiver station (BTS).

Dia menambahkan, dalam mengatur jaringan, perseroan berfokus pada kualitas jaringan dengan menggunakan pita spektrum 5 MHz tambahan pada frekuensi pembawa 2.100 MHz yang dialokasikan oleh pemerintah pada 2018.

Secara global, berdasarkan laporan tahunan Hutchison Group tahun buku 2018, Tri Indonesia berkontribusi sebesar 64% dari total jumlah pelanggan Hutchison Asia Telecommunications yang mencapai 49,82 juta pelanggan.

Pendapatan yang dibukukan Tri Indonesia sepanjang 2018 mencapai HK$7,31 miliar dengan EBITDA senilai HK$1,64 miliar. Hutchison mengakui jumlah pelanggan Tri merosot 49% akibat pengetatan regulasi registrasi pelanggan prabayar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper