Huawei Prediksi Pengguna 5G Pada 2025 Capai 2,8 Miliar Orang

Rahmad Fauzan
Senin, 22 April 2019 | 05:47 WIB
Huawei/Reuters-Hannibal Hanschke
Huawei/Reuters-Hannibal Hanschke
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Huawei, perusahaan global terkemuka penyedia infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dan perangkat cerdas, memprediksi jumlah pengguna teknologi generasi kelima (5G) mencapai 2,8 miliar pada 2025, meskipun baru beberapa negara yang akan mengadopsi teknologi tersebut secara komersial.

Deputi Chairman Huawei, Ken Hu, mengatakan industri teknologi informasi dan komunikasi saat ini dihadapkan dengan berbagai peluang perkembangan yang tidak dapat diperkirakan sebelumnya.

“Teknologi 5G hadir lebih cepat dari yang kita kira dan perkembangan perangkat 5G kini sudah sama cepatnya dengan perkembangan jaringan 5G,” kata Ken Hu dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis pada Minggu (21/4).

Melihat perkembangan teknologi jaringan sebelumnya, dengan skala penggunaan 500 miliar orang, era 3G sudah berlangsung selama 10 tahun dan 4G setidaknya 5 tahun.

Sementara itu, adopsi 5G diprediksi semakin marak selama 3 tahun ke depan. Huawei telah mengantongi 40 kontrak komersial 5G dan mengapalkan lebih dari 60.000 BTS 5G di seluruh dunia.

Di samping itu, penggunaan kecerdasan buatan (AI) terus meningkatkan adopsi komputasi awan untuk sektor enterprise.

Sebagai konsekuensi atas meningkatnya posisi Huawei di pasar tersebut, Hu optimistis dapat menjalankan investasi strategis dalam AI sehingga bisa menjadi pemimpin pasar di sektor komputasi awan.

Selain itu, Institut Riset Strategis Huawei mengatakan akan fokus terhadap pengembangan teknologi mutakhir dalam 5 tahun ke depan.

Setiap tahun perusahaan tersebut menginvestasikan US$300 juta untuk mendanai riset akademis tentang keilmuan dasar dan teknologi serta inovasi.

Huawei juga akan terus bekerja sama dengan universitas dan institusi riset untuk mendorong inovasi dalam teori dan teknologi dasar, yang pada akhirnya mendorong riset di industri dan dunia secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper