Pemilu 2019, Trafik Data XL Axiata Naik Dua Digit

Leo Dwi Jatmiko
Jumat, 19 April 2019 | 15:50 WIB
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata)/Bisnis-Rachman
Teknisi PT XL Axiata Tbk (XL Axiata)/Bisnis-Rachman
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Trafik data PT XL Axiata Tbk. tumbuh dua digit selama Pemilu 2019 dibandingkan dengan hari biasa .

Tercatat dalam periode antara tanggal 16 - 18 April 2019, trafik data mengalami kenaikan tertinggi hingga 24% dibandingkan trafik hari normal. Sementara itu trafik voice naik 4%.

Group Head Corporate Communications XL Axiata, Tri Wahyuningsih mengatakan, kenaikan trafik data didorong oleh penggunaan akses ke berbagai saluran berita yang meningkat sebesar 190% dibanding hari normal.

Tri menjelaskan akses ke medsos seperti Facebook, Instagram, Twitter naik 6%, instant messenger seperti WhatsApp, Telegram, dan lainnya juga meningkat hingga 30%.

“Yang menarik, akses ke games online juga naik signifikan, yaitu sampai 175%. Sepertinya banyak pelanggan yang memanfaatkan hari libur Pilpres untuk bersantai juga dengan main games," kata Tri dalam rilis yang diterima Bisnis, Jumat (19/4/2019).

Tri menambahkan pada periode sehari sebelum dan setelah Pilpres 2019 kemarin masyarakat juga sangat antusias mengunggah foto dan video terkait pesta demokrasi yang berlangsung.

“Ini terlihat dari naiknya data berupa foto dan video yang diunggah melalui berbagai saluran digital naik hingga 7%,” kata Tri.

Data menarik lainnya, sambungnya, adalah hari libur Pemilu 2019 berdekatan dengan hari libur

Paskah dan libur akhir pekan, sehingga banyak warga yang memilih pulang kampung atau juga berlibur sambil sambil mengikuti pencoblosan.

Tri menerangkan terjadi perpindahan lokasi pelanggan dari area lokasi awal ke area lain.

 “Khusus pelanggan di area Jabodetabek, paling banyak berpindah ke Jawa Barat. Tasikmalaya menjadi area tujuan tertinggi pelanggan asal Jabodetabek dengan 17%, Garut 14%, Kuningan dan Indramayu sekitar 10%,” kata Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Leo Dwi Jatmiko
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper