Daftar Internet Fiber Tercepat di Asia Tenggara, Indonesia Nomor Berapa?

Rayful Mudassir
Kamis, 18 April 2019 | 20:54 WIB
Fiber optik/Reuters-Alessandro Bianchi
Fiber optik/Reuters-Alessandro Bianchi
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Perkembangan teknologi di dunia menghendaki penggunaan internet lebih tinggi. Dari sejumlah negara Asia Tenggara, kawasan mana saja yang memiliki jaringan tercepat?

Portal diskon CupoNation Indonesia menganalisis kecepatan internet berbasis fiber yang ditawarkan oleh beberapa negara di Asia Tenggara. Perlu diketahui, setiap negara memiliki kecepatan internet yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti infrastruktur, kondisi geografis dan sebagainya.

Penyedia layanan internet menawarkan paket internet dengan kecepatan unduh mulai dari 3 Mbps hingga 2 Gbps.

Namun negara yang mampu memberikan kecepatan internet hingga 2 Gbps masih sangat terbatas terutama di Asia tenggara. Berdasarkan hasil studi, Singapura merupakan satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mampu menawarkan koneksi internet berbasis fiber dengan kecepatan maksimal hingga 2 Gbps.

Kecepatan internet fiber kedua terkuat dipegang oleh Malaysia. Negeri Jiran tercatat menawarkan kecepatan koneksi internet hingga 1 Gbps. Pencapaian ini juga dicatatkan oleh Filipina.

Adapun Thailand memiliki koneksi internet mencapai 500Mbps. Negara tersebut masih lebih unggul 300 Mbps dibandingkan Indonesia yang hanya memiliki kecepatan 200 Mbps.

Sementara itu dari enam negara tercepat koneksi internet home fiber-nya, Kamboja menduduki posisi paling buncit dengan mencatat kecepatan 30 Mbps.

Kisaran biaya kecepatan koneksi internet per Mbps dihitung berdasarkan tarif bulanan dan kecepatan koneksi yang ditawarkan oleh masing-masing internet provider. Sebanyak 13 internet provider dalam studi ini dipilih berdasarkan penyedia layanan internet terbesar di masing-masing negara.

Berikuta dalah negara yang menawarkan koneksi internet berbasis home fiber yang diurut berdasarkan kecepatan tertinggi yaitu: 

Kecepatan Koneksi Internet Home Fiber di Asia Tenggara
NegaraKecepatan Internet
Singapura2 Gbps
Malaysia1 Gbps
Filipina1 Gbps
Thailand500 Mbps
Indonesia200 Mbps
Kamboja30 Mbps

Sumber: CupoNation Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rayful Mudassir
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper