Sinar Mas Land Gelar Kompetisi Robot

Mutiara Nabila
Senin, 15 April 2019 | 14:48 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Pengembang properti Sinar Mas Land bersama Asian Robotic Competition Committee dan Racer Robotic menggelar kompetisi robotik terbesar di Indonesia bertajuk Indonesian Youth Robot Competition (IYRC) di ICE BSD City.

Lomba tersebut merupakan ajang bagi anak-anak untuk mengasah kemampuan sejak dini di bidang teknologi sains, teknik, dan matematika (STEM). Selain itu, kompetisi itu juga berguna untuk melatih kerja sama tim, percaya diri serta mengasah kemampuan berpikir logis pada anak-anak.

Dalam kompetisi tersebut, peserta ditantang untuk memiliki kreatifitas dan kemampuan teknologi, serta kemampuan memecahkan masalah. Acara ini juga menjadi sarana untuk melatih kemampuan berwirausaha berbasis teknologi, atau sering kita kenal dengan istilah Technopreneur.

IYRC memiliki beberapa kategori unggulan, antara lain Robot Soccer, kompetisi robot di mana setiap tim ditantang untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan beragam teknik dan strategi hingga mencetak gol dengan menggunakan robot; Kinder Mission, ketangkasan berhitung dengan cara menjawab soal matematika dengan gerakan robot.

Kemudian, ada lomba Push Push Sumo, strategi bagaimana robot bertahan di area kompetisi dengan cara mengeluarkan lawan dari arena lomba; Humanoid Mission Game, kompetisi di mana robot diwajibkan melewati rintangan track berbahaya dan mencapai garis finish dengan cepat serta memindahkan benda tertentu.

Juga Creative Robot, lomba membuat karya aplikatif berbasis robotic dengan tema pilihan juri. Selain itu, terdapat beberapa kategori baru, yaitu: IoT Games, Super Maze Solving Game, Brick Speed, Volley Ball dan Drone Mission.

Adapun, IYRC memberikan kesempatan bagi anak-anak Indonesia untuk bersaing di tingkat dunia dengan membuktikan bahwa penerus bangsa ini mampu menciptakan robot-robot yang tak kalah dengan negara-negara lain.

Pemenang dalam kompetisi tahun ini juga akan difasilitasi oleh Sinar Mas Land dan RACER Robotic untuk mewakili Indonesia di ajang International Youth Robot Competition 2019 yang akan berlangsung di Korea Selatan pada 7-10 Agustus 2019 dengan peserta dari 20 negara.

IYRC sendiri dipersembahkan oleh Sinar Mas Land sebagai bagian dari program untuk mewujudkan sebuah ekosistem digital dan tekhnologi di BSD City yang kini tengah bertransformasi menjadi Integrated Smart Digital City.

Di BSD City saat ini juga sedang membangun Digital Hub, sebuah kawasan seluas 26 hektare yang akan dijadikan tempat berkumpulnya komunitas teknologi, digital, animasi, dunia kreatif, pusat pelatihan dan pusat inovasi seperti kawasan Silicon Valley yang berada di Amerika Serikat. Beberapa nama besar telah menunjukkan komitmennya untuk membuka kantornya di kawasan Digital Hub, seperti Apple, HuaWei, Orami Bilna, Sale Stock dan Binar Academy.

Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land Irawan Harahap mengungkapkan bahwa teknologi merupakan salah satu fokus Sinar Mas Land dalam transformasi BSD City sebagai the first integrated smart digital city.

“Kami tidak hanya menaruh perhatian pada teknologi itu sendiri, tapi juga pada para digital talent. Kami bangga dapat mewadahi talenta-talenta muda, dan secara garis besar menjadi tempat berkumpulnya para komunitas teknologi serta menjadi tuan rumah berbagai acara di bidang teknologi,” ungkapnya dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (15/4).

Irawan menambahkan, Sinar Mas Land juga akan terus mendukung perkembangan teknologi digital dengan komitmen mengembangkan Digital Hub, sebuah kawasan yang didedikasikan untuk kemajuan ekonomi digital di Indonesia.

BSD City saat ini kerap menjadi tuan rumah sejumlah event di bidang IT bertaraf nasional dan internasional di antaranya IESE (Indonesia E-Commerce Summit and Expo) serta Indonesia Fintech Festival and Conference.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper