Pabrik Xiaomi di Batam Rakit 10 Juta Smartphone

Rahmad Fauzan
Selasa, 9 April 2019 | 14:30 WIB
Ponsel terbaru keluaran Xiaomi, Mi A2 (kiri) dan Mi A2 Lite./Bisnis-Dhiany Nadya Utami
Ponsel terbaru keluaran Xiaomi, Mi A2 (kiri) dan Mi A2 Lite./Bisnis-Dhiany Nadya Utami
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Xiaomi hari ini mengumumkan pencapaian 10 juta gawai produksi lokal untuk pasar Indonesia sejak merek tersebut mematuhi ketentuan regulasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) pada Februari 2017 silam.

Pencapaian ini, disebut sebagai cerminan atas upaya berkelanjutan Xiaomi untuk menjadi produsen gawai yang digemari di Indonesia.

Head of Southeast Asia and Country Head, Xiaomi Indonesia, Steven Shi, mengatakan dengan pencapaian 10 juta produksi lokal  membuktikan bahwa Xiaomi berkembang semakin kuat di pasar Indonesia.

"[Pencapaian] ini tidak terlepas dari peran penting Mi Fans, karyawan, mitra, dan konsumen yang turut andil dalam peningkatan positif Xiaomi di Indonesia," ujar Shi dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (9/4).

Ke depannya, Xiaomi menawarkan produk dengan harga terjangkau serta menyajikan pilihan produk yang lebih beragam dengan teknologi inovatif kepada konsumen Indonesia.

Selain itu, untuk mempercepat ekspansi pasar, Xiaomi berambisi mengembangkan bisnis dengan tidak hanya berfokus kepada teknologi dan inovasi, tetapi juga memastikan kesejahteraan karyawan dan mengembangkan kinerja mereka melalui beberapa program akselerasi, seperti pelatihan bahasa, pelatihan komputer, dan berbagai pelatihan keterampilan non-teknis (soft skill).

Inisiatif-inisiatif tersebut, diyakini mampu meningkatkan daya saing karyawan Xiaomi yang tidak hanya berkontribusi terhadap penemuan inovasi baru, akan tetapi juga akan meningkatkan pengembangan daya saing masyarakat secara umum.

Pabrik Xiaomi di Batam Rakit 10 Juta Smartphone

Berlokasi di PT Sat Nusapersada Tbk., Batam, pabrik Xiaomi mempekerjakan lebih dari 1.000 karyawan lokal untuk operasional sehari-hari, mulai dari perakitan, pengemasan, hingga pengontrolan kualitas.

Selain itu, Xiaomi dikenal sebagai perusahaan yang sangat dekat dengan para penggemarnya, yaitu Mi Fans, melalui forum, media sosial maupun pertemuan langsung. Komunitas Mi Fans, yang disebut sebagai bagian penting dalam kesuksesan perusahaan, kerap diikutsertakan dalam berbagai keputusan terkait produk Xiaomi.

Adapun, pertumbuhan Komunitas Mi Fans di Indonesia ini terbilang cepat dan telah mencapai lebih dari 1 juta anggota dalam waktu 1 tahun. Pada 2019, Xiaomi berkomitmen untuk terus mengembangkan bisnis bersama dengan para mitra strategis. 

Saat ini, Xiaomi telah memiliki lebih dari 40 Authorized Mi Store di seluruh Indonesia, platform Mi.com, serta bermitra dengan Lazada, Blibli, Shopee, JD.ID, dan Akulaku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Rahmad Fauzan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper