Google Luncurkan Stadia, Platform Streaming Video Game Tanpa Konsol

Demis Rizky Gosta
Rabu, 20 Maret 2019 | 08:57 WIB
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Google meluncurkan platform streaming Stadia yang memberikan akses ke gim video seperti Assassin’s Creed dan Doom melalui peramban Chrome.

Vice President Google Stadia Phil Harrison mengatakan Stadia menghadirkan gim video ke perangkat apapun yang memiliki layar termasuk televisi, laptop, komputer desktop, tablet, dan ponsel pintar.

“Tujuan kami adalah membuat gim terusbut tersedia dengan resolusi hingga 4K dan 60 frame per detik. Kami akan meluncurkan layanan ini di beberapa negara tahun ini, termasuk di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, dan mayoritas negara lain di Eropa,” katanya dalam siaran pers, Rabu (20/3/2019).

Harrison menjelaskan bahwa Google bisa membangun platform seperti Stadia karena memiliki jejaring pangkalan data (data center) di seluruh dunia. Kehadiran platform gim berbasis komputasi awan (cloud), jelasnya, membuat pemain gim tidak lagi harus memiliki konsol terbaru atau komputer dengan spesifikasi terlengkap.

Bagi pengembang gim, lanjutnya, Stadia juga memberikan sumber daya yang tak terbatas untuk berkreasi. Infrastruktur yang mendukung Stadia seperti GPU, CPU, memori, dan kapasitas penyimpanan berskala peladen (server) memberikan kreator gim kebebasan untuk membangun karyanya.

Google juga berencana menghubungkan platform Stadia dengan layanan Google lain. Contohnya, pengguna YouTube yang sedang menyaksikan video terkait judul gim tertentu, langsung bisa memainkan gim tersebut hanya dengan satu kali klik.

“Jika Anda sedang menyaksikan YouTuber bermain Assassin's Creed Odyssey, tinggal klik tautan Play Now. Beberapa saat kemudian, Anda akan bermain di dunia Yunani Kuno. Tanpa perlu mengunduh, pembaruan, patches, dan instal,” kata Harrison.

CEO Google Sundar Pichai meluncurkan Stadia dalam acara Game Developers Conference di San Fransisco, Amerika Serikat. Pichai, yang mengatakan dirinya cukup sering bermain FIFA 19, menyatakan Google mendesain Stadia sebagai platform untuk semua orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper