Nato Pilih Teknologi Besutan Blackberry Amankan Jaringan Telepon

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 14 Maret 2019 | 20:23 WIB
Blackberry/Istimewa
Blackberry/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - BlackBerry Limited (NYSE: BB; TSX: BB) ditunjhk NATO Communications and Information (NCI) Agency  untuk mengenkripsi data percakapan suara yang dilakukan oleh para pemimpin negara melalui teknologi yang terdapat dalam perangkat yang digunakan saat berkomunikasi di tempat kerja, rumah, atau saat berpergian.

NCI Agency memfasilitasi 29 negara anggota NATO agar dapat berkomunikasi dengan aman dan melakukan kerja sama dengan teknologi yang lebih canggih. NCI Agency bertugas menerima, menyebarkan, dan melindungi sistem komunikasi yang digunakan para pengambil keputusan politik serta pusat komando yang tergabung dalam NATO serta memerangi serangan siber.

Karena informasi yang ditangani oleh NCI Agency sangatlah rahasia, keamanan menjadi aspek yang sangat penting untuk melindungi seluruh aktivitas komunikasi serta memerangi kriminal siber yang bertujuan untuk menyadap percakapan secara elektronik.

“Seiring dengan pelaku kejahatan siber yang semakin canggih, kami membutuhkan cara yang aman agar para tokoh penting negara dapat melakukan percakapan telepon dengan orang-orang yang berada di dalam maupun di luar organisasi kami dimanapun mereka berada," ujar Kevin Scheid, General Manager of the NCI Agency dalam siaran persnya.

"Teknologi enkripsi percakapan suara dari BlackBerry dapat mengatasi tantangan tesebut dan juga memperkuat strategi pertahanan siber kami."

“Menyadap telepon merupakan salah satu cara termudah untuk mengakses informasi rahasia,” ujar Dr. Christoph Erdmann, SVP of BlackBerry Secusmart, BlackBerry.

SecuSUITE for Government dari BlackBerry mendukung berbagai smartphone serta tablet berbasis Android™ dan iOS®, juga dapat dipasang on-premise, di pusat data, ataupun di cloud. Contoh penggunaan solusi tersebut termasuk di antaranya:
• Secure conferencing: mengenkripsi percakapan antara conference bridge yang aman dengan perangkat yang telah terpasang SecuSUITE for Government
• Secure landing: mengenkripsi perangkat seluler ke sebuah sambungan kabel telpon dalam jaringan yang sama
• Break-in: melindungi komunikasi antara perangkat seluler atau telepon kabel dalam jaringan home pengguna ke perangkat seluler yang telah dipasang SecuSUITE for Government
• Break-out: mengamankan perangkat seluler ke jaringan home milik karyawan dan kemudian ke perangkat selular eksternal atau jaringan telepon kabel melalui ekstensi PSTN.

SecuSUITE® for Government telah dievaluasi dan mendapatkan sertifikasi yang memenuhi syarat Common Criteria protection profile untuk VOIP applications dan SIP servers. SecuSUITE® for Government juga telah memperoleh sertifikasi NIAP dan telah terdaftar dalam NSA Commercial Solutions for Classified Program (CSfC), suatu daftar komponen dari produk yang tersertifikasi untuk BlackBerry dalam sistem yang terklasifikasi. Sebuah layanan tambahan dari BlackBerry.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper