Rudiantara: BSD Bisa Disulap Jadi Sillicon Valley

N. Nuriman Jayabuana
Selasa, 12 Maret 2019 | 20:21 WIB
Silicon Valley/Reuters
Silicon Valley/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara percaya kawasan Bumi Serpong Damai di Tangerang dapat tumbuh menjadi kawasan hub teknologi yang menyerupai Sillicon Valley di AS.

Di kawasan BSD, perusahaan teknologi asal AS, Apple Inc. sudah mendirikan akademi pengembang aplikasi berbasis sistem operasi iOS dengan bermitra bersama Universitas Bina Nusantara.

Rudiantara mengungkapkan hub teknologi di dunia umumnya selalu berawalan huruf B. Beberapa di antaranya meliputi Bay Area, Beijing, dan Bengaluru.

"Nah mudah-mudahan yang keempat itu adalah BSD," ujarnya ketika menghadiri perayaan kelulusan angkatan pertama Apple Developer Academy di Bumi Serpong Damai, Tangerang (12/3/2018). 

Meski demikian, dirinya berkelakar juga terdapat peluang bagi berbagai daerah lain untuk menjadi pusat talenta teknologi di Indonesia. "Bisa saja juga Bali, Batam, Bandung. Pokoknya semua yang huruf depannya B saya kumpulin untuk menjadi kawasan pengembangan talenta digital," ujarnya.

Rudiantara mengatakan ketersediaan akademi pengembang dari perusahaan  teknologi sekelas Apple Inc. di BSD dapat membuka jalan bagi raksasa teknologi lain di dunia untuk berinvestasi di Indonesia.

Akademi pengembang yang didirikan Apple tersebut merupakan bagian dari komitmen investasi Apple bernilai US$44 juta dalam jangka waktu tiga tahun sejak 2017. Investasi dalam bentuk pengembangan SDM tersebut menjadi opsi yang diambil Apple untuk memenuhi ketentuan local content.

"Mungkin kalau yang lain mengambil opsi dengan menempatkan industri perakitan atau manufaktur assembly-nya di Indonesia. Sedangkan Apple mengambil pilihan untuk mengembangkan SDM, komitmen investasinya sampai puluhan juta dolar," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meyakini inisiatif Apple dapat meningkatkan minat investasi ke dalam negeri.

"Talent dari anak-anak muda yang menjadi problem solver di Apple Developer Acedemy ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi investor untuk masuk ke indonesia," ujarnya.

Sejauh ini, Apple baru mendirikan Apple Developer Academy di tiga negara yakni Brazil, Italia, dan Indonesia. Baik di Brazil maupun Italia, Apple juga menggaet kerja sama dengan universitas layaknya di Indonesia.

Apple berencana membangun Apple Developer Academy pada tiga lokasi terpisah di Indonesia untuk memperbesar ekosistem aplikasi berbasis sistem operasi iOS. Di samping BSD, Apple Developer Academy juga segera tersedia di Universitas Ciputra Surabaya dan Nongsa Digital Park Batam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Editor : Fajar Sidik
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper