XL Axiata Gandeng Huawei Rekonstruksi Jaringan Menuju 5G

Rachmad Subiyanto
Kamis, 28 Februari 2019 | 16:39 WIB
Teknisi melakukan perawatan base transceiver station (BTS) PT XL Axiata di area Jawa Tengah/XL Axiata
Teknisi melakukan perawatan base transceiver station (BTS) PT XL Axiata di area Jawa Tengah/XL Axiata
Bagikan

Bisnis.com, BARCELONA — PT XL Axiata Tbk. mengumumkan kerja sama dengan Huawei dalam pembangunan jaringan simplified transport dengan solusi Optical Networking 2.0 guna mendukung upaya XL dalam fiberisasi seluruh jaringan mereka

CTO XL Axiata Yessie Dianty Yosetya mengatakan, pihaknya sedang melakukan rekonstruksi jaringan transport dalam bisnis fixed mobile convergence.

"Huawei mendukung pembangunan jaringan bearer yang simpel dengan bandwith tinggi, tetapi memiliki tingkat latensi yang minimal," ujarnya, Rabu (27/2/2019).

President Huawei Transmission & Access Product Line mengatakan kerja sama ini menjadi capaian penting atas dimulainya penggunaan Optical Networking 2.0 secara komersial di tingkat global.

"Ke depannya kami akan bekerja sama dengan XL Axiata untuk menghadirkan berbagai inovasi serta membangun jaringan yang berfokus terhadap peningkatan pengalaman pengguna dalam rangka menyambut berbagai kesempatan strategis di era 5G," katanya.

Optical Networking 2.0 milik Huawei secara signifikan dapat menyederhanakan arsitektur jaringan pada konstruksi jaringan berorientasi 5G.

Solusi tersebut menggunakan OXC (all-optical cross-connect), peranti pertama di industri yang mampu mendukung dibangunnya jaringan mesh backbone (jaringan yang tersambung seperti jala) secara 3D serta koneksi one-hop antartitik sehingga memungkinkan diterapkannya provisi layanan end-to-end dengan lebih cepat.

Secara sederhana, XL Axiata diharapkan mengatasi seluruh tuntutan konektivitas di era 5G seperti hadirnya pita lebar yang 10 kali lebih luas, tingkat latensi yang turun hingga sepersepuluh, jumlah koneksi yang meningkat hingga 100 kali, serta berbagai kompleksitas jaringan yang diprediksi meningkat hingga 10 kali lipat. Hal tersebut mendukung langkah XL Axiata dalam berevolusi menjadi operator untuk semua layanan.

Selain itu, jaringan tersebut diharapkan akan mampu mendukung dihadirkannya layanan-layanan inovatif lainnya, seperti Cloud VR, 4K live broadcast, dan menyuguhkan jalur pribadi premium bagi pengguna, serta memacu terselenggaranya transformasi digital bagi para pelanggan enterprise.

Jaringan tersebut diharapkan dapat mendukung upaya XL Axiata untuk memperluas jangkauan layanannya ke pelanggan di seluruh penjuru Nusantara lewat layananan individu, rumah, dan perusahaan, sekaligus meningkatkan pengalaman bagi pengguna dan mendorong percepatan transformasi digital bagi kalangan korporasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper