PSN Gandeng Indosat untuk Monitoring Satelit Nusantara Satu

Syaiful Millah
Jumat, 22 Februari 2019 | 11:25 WIB
Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Adi Rahman Adiwoso/Bisnis-Syaiful Millah
Direktur Utama PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) Adi Rahman Adiwoso/Bisnis-Syaiful Millah
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) menggandeng PT Indosat Tbk untuk melakukan pengendalian Satelit Nusantara Satu yang telah mengangkasa pada Jumat (22/2/2019) waktu Indonesia.

Direktur Jaringan PT PSN Heru Dwikantono mengatakan pihaknya berkolaborasi dengan Indosat untuk mengoptimumkan fasilitas dan infrastruktur yang dimiliki perusahaan.

“Kami punya Nusantara Satu yang sudah bekerja sama dengan Indosat untuk melakukan monitoring dan pengendalian satelit,” katanya melalui siarang langsung peluncuran Satelit Nusantara Satu.

Nantinya, PSN dan Indosat akan mengontrol satelit Nusantara Satu tersebut, melalui pusat control stasiun bumi yang berlokasi di Jatiluhur, Purwakarta.

Selain proyek satelit Nusantara Satu, PSN dan Indosat bersama dengan PT Pintar Nusantara Sejahtera saat ini tengah mengerjakan proyek Satelit Nusantara Dua.

Ketiga perusahaan tersebut, melalui joint venture PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera telah sepakat membeli satelit dari produsen terkemuka asal China, China Great Wall Industry.

Rencananya, satelit Palapa Nusantara Dua akan diluncurkan tahun depan dan menggantikan satelit Palapa-D yang saat ini berada di slot orbit 113° Bujur Timur dan akan berakhir umurnya pada tahun yang sama, yakni 2020.

Berdasarkan data dari PSN, satelit Nusantara Dua memiliki kapasitas hingga 10 Gbps dengan 20 tansponder c-band dan 12 transponder ku-band.

“Kami sudah kerja sama dengan Indosat di [proyek] Nusantara Satu, dan [Proyek] Nusantara Dua juga akan melakukan kerja sama. Semoga nantinya bisa memberi manfaat untuk seluruh masyarakat,” kata Heru.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Syaiful Millah
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper