Qualcomm Snapdragon X55 5G Tembus Kecepatan Download 7 Gbps

Demis Rizky Gosta
Rabu, 20 Februari 2019 | 11:03 WIB
Qualcomm/Reuters
Qualcomm/Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bahkan sebelum ponsel 5G muncul di pasaran, Qualcomm sudah dua kali merilis modem 5G. Modem yang diberi nama Snapdragon X55 5G ini mempunyai kecepatan unduh hingga 7 Gbps.

Dalam siaran pers yang dirilis pada Selasa (19/2/2019) menjelang Mobile World Congress 2019, Qualcomm Inc. mengumumkan modem 5G New Radio generasi kedua.

Snapdragon X55 adalah komponen cip berukuran 7 nanometer yang mampu beroperasi di teknologi 2G hingga 5G. Cip ini mendukung teknologi 5G NR mmWave di spektrum gelombang radio di bahwa 6 GHz.

Kecepatan unduh puncak modem 5G terbaru Qualcomm tersebut mencapai 6 Gbps dengan kecepatan unggah puncak 3 Gbps di jaringan 5G. Di jaringan LTE atau 4G, kecepatan unduh dan unggah Snapdragon X55 adalah 2 Gbps. Qualcomm juga memastikan bahwa modem 5G besutan mereka bisa beroperasi dengan teknologi TDD dan FDD.

"Kami yakin platform 5G kami akan mengakselerasi momentum komersialisasi teknologi 5G dan akan menjadi komponen utama dalam peluncuran 5G pada 2019,” kata Presiden Qualcomm Cristiano Amon.

Qualcomm menambahkan bahwa Snapdragon X55 didesain untuk segala jenis perangkat mobile termasuk ponsel pintar premium, perangkan hotspot mobile, PC mobile, laptop, tablet, perangkat VR/AR, dan otomotif.

Dengan kecepatan hingga 7 Gbps, perangkat yang ditenagai oleh Snapdragon X55 mampu bersaing dengan perangkat yang terkoneksi dengan jaringan serat optik. Artinya, perangkat seluler nantinya memadai sebagai perangkat komputasi awan, gim multi-pemaini, video 360 derajat, dan perangkat internet of things kelas berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper