Mitsubishi UFJ dan Akamai Berkolaborasi Bangun Jaringan Pembayaran Blockchain

Platform blockchain dari Akamai telah teruji dapat menangani pemrosesan lebih dari 1 juta transaksi per detik dalam latensi 2 detik per transaksi yang merupakan solusi yang lebih besar dan lebih cepat dibanding solusi lain.
Deandra Syarizka | 13 Februari 2019 16:35 WIB
Ilustrasi - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Akamai Technologies Inc., bekerja sama dengan Mitsubishi UFJ Financial Group (MUFG) untuk mendirikan perusahaan pembayaran berteknologi blockchain yang diberi nama Global Open Network Inc. (Go-NET).

MUFG, sebagai salah satu grup keuangan global terkemuka di dunia dengan sejarah panjang dan reputasi dipercaya yang hebat akan menyediakan pengetahuan yang luas tentang layanan keuangan dan kepakaran dalam pengembangan bisnis untuk memelopori pertumbuhan dan kesuksesan yang berkesinambungan dalam perusahaan patungan ini.

“Perusahaan patungan dengan MUFG ini membuat tahapan untuk sistem pembayaran online baru berbasis blockchain yang dapat melayani kebutuhan dalam pemrosesan pembayaran dari pelanggan dan mitra secara lebih baik”, ungkap CEO Akamai Tom Leighton,, seperti dikutip dari siaran pers,  Rabu (13/2).

Rencananya, jaringan pembayaran online berbasis blockchain besutan Go-NET beroperasi pada semester I/2020.

Leighton menjelaskan,  perusahaan patungan itu bertujuan untuk menyediakan serangkaian layanan yang lengkap, termasuk dukungan untuk fungsi pemrosesan pembayaran yang sudah ada,  pembayaran per penggunaan, pembayaran mikro, dan pengembangan untuk transaksi pembayaran berkemampuan internet of things lainnya. 

Platform blockchain Go-NET dibangun  dengan memanfaatkan platform Intelligent Edge milik Akamai yang lokasinya terdistribusi di seluruh dunia.

Platform blockchain dari Akamai telah teruji dapat menangani pemrosesan lebih dari 1 juta transaksi per detik dalam latensi 2 detik per transaksi yang merupakan solusi yang lebih besar dan lebih cepat dibanding solusi lain.

Di samping itu, transaksi yang dijalankan di platform akan diamankan dan dipercepat dengan keamanan cloud terkemuka di pasaran dan penawaran performa dari Akamai yang memposisikannya secara luas serta platform enterprise tangguh untuk transaksi real-time dalam skala yang luas. 

"Akamai dan MUFG berkomitmen untuk menyediakan solusi inovatif di level keamanan, skala, dan responsivitas yang belum pernah dicapai sebelumnya," tambahnya. 

Hironori Kamezawa, Group CDTO MUFG dan CEO Go-NET menyatakan,  MUFG memiliki harapan yang tinggi terhadap Perusahaan Patungan yang didirikannya dengan Akamai.

"Tujuan kami adalah untuk memungkinkan inovasi yang cepat dalam layanan pembayaran digital, dengan memanfaatkan platform transformatif, dengan keamanan bawaan, skala yang sangat luas, dan efisiensi," ujarnya.  

Menurutnya, Go-NET bertujuan memperluas bisnis jaringan pembayaran dalam skala global, dan meningkatkan layanan untuk mendukung berbagai ide pembayaran pada era IoT mendatang. 

“Layanan keuangan perlu mengembangkan inovasi digital untuk mendukung kebutuhan akan keamanan, kapasitas, dan efisiensi yang semakin besar, dan melayani kebutuhan pasar dan pelanggan yang terus berkembang”, imbuhnya.

Melalui kolaborasi tersebut,  Akamai dan MUFG  akan memulai dengan menerapkan pengalaman mereka sebagai yang terdepan di industri mereka masing-masing.

Akamai memanfaatkan pengalamannya selama beberapa dekade dalam mengembangkan dan menerapkan sistem yang terdistribusi dalam skala global, serta performa dan layanan keamanan yang unggul di pasaran, dalam membangun teknolog blockchain-as-a-service (BaaS). 

Sementara itu, MUFG memanfaatkan keberadaannya dan kepakaran mereka yang sangat luas dalam  menyediakan layanan keuangan dalam skala global. 

Jaringan pembayaran baru ini diharapkan dapat  menawarkan layanan terdiferensiasi ke pasar untuk pemrosesan transaksi pembayaran generasi berikutnya.

Tag : bitcoin, blockchain
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top