Kamera Gimbal DJI Osmo Pocket, Bebas Vlogging dengan Gambar Stabil

Bagi para pencipta konten yang ingin memiliki perangkat ringkas nan komplet, DJI Osmo Pocket ini di kisaran harga Rp6 juta.
Dhiany Nadya Utami | 11 Februari 2019 16:22 WIB
Loading the player ...

Bisnis.com, JAKARTA — Popularitas vlogger kini tidak kalah dari selebritas yang sering nongol di televisi dan film layar lebar. Ingin ikut tenar atau sebatas terinspirasi, semakin banyak orang yang ikut tren dan mulai menggarap vlog sendiri.

Kualitas konten pun makin diperhatikan, pengambilan gambar turut bervariasi seiring dengan pembuatan konten yang kreatif. Berbagai alat pendukung pun mereka gunakan, mulai dari kamera yang dapat merekam video dengan kualitas tertinggi, hingga pesawat nirawak atau drone dan perangkat bergiroskop atau gimbal untuk mempertahankan gambar tetap stabil saat diambil dari sudut-sudut yang tak biasa.

DJI menjadi salah satu vendor yang tak asing bagi para pembuat konten video. Pabrikan asal China ini terkenal dengan produk kamera khususnya. Lini drone-nya lebih dulu mendunia seperti DJI Mavic dan DJI Phantom. Tak kalah, lini stabilizer alias gimbal DJI yang hadir dalam seri Osmo juga sama terkenalnya dan jadi kegemaran para videografer.

Salah satu varian paling anyar dari lini gimbal DJI adalah DJI Osmo Pocket. Sama seperti namanya, alat rekam satu ini hadir dengan bodi mungil yang muat dalam saku. Bahkan, kamera satu ini disebut-sebut sebagai kamera dengan kemampuan rekam berkualitas 4K terkecil di dunia.

Meski hanya berukuran 12 cm x 2,8 cm x 3,6 cm dengan berat 116 gram, DJI Osmo Pocket telah dibekali kemampuan layaknya kamera profesional sehingga mampu merekam video berkualitas tertinggi saat ini. Menarik bukan?

Urusan kamera, Osmo Pocket ini dibekali sensor 1/2,3 inci dengan bukaan f/2.0. Kemampuan merekam videonya bisa sampai kualitas 4K pada 60 fps dan mengambil foto dengan besaran 12 MP berukuran piksel 1,55 mikron. Perangkat ini juga memiliki giroskop 3 sumbu.

Berbeda dengan kamera pada umumnya yang terpisah, DJI Osmo Pocket terintegrasi langsung dengan gimbal-nya. Tak hanya itu, pada bodinya juga dilengkapi dengan layar sentuh yang juga super mini yakni sekitar 1 inci untuk memudahkan pengoperasian.

Bisnis berkesempatan untuk menjajal kamera satu ini selama beberapa waktu. Hal yang pertama ingin dicoba tentu kemampuan duet gimbal dan kamera untuk membantu pengambilan gambar yang sinematik.

Seri Osmo memang terkenal dengan gimbalnya yang berfungsi sebagai mempertahankan kestabilan saat kita mengambil gambar. Percobaan pertama berlangsung mulus, kamera mampu mengikuti pergerakan tangan dengan baik, gambar yang dihasilkan pun sesuai ekspektasi.

Percobaan selanjutnya dengan melakukan gerakan yang lebih intens yakni berlari, untuk mengetes kemampuan stabilisasi. Hasilnya tidak mengecewakan, kemampuan rekam gambar DJI Osmo Pocket jauh lebih mulus dibandingkan dengan perekaman dengan ponsel, tentu karena bantuan giroskopnya.

Fokus Otomatis

Hal lain yang menarik adalah fitur autofokus pada DJI Osmo Pocket ini. Responsnya terbilang baik mengikuti objek. Adapun, jika pengguna ingin mengubah fokus secara manual dapat langsung mengetuk di bagian layar sentuh.

Autofokus ini juga sangat berguna saat kamera digunakan dalam mode video selfie alias posisi kamera menghadap muka pengguna. Kamera secara otomatis mendeteksi wajah dan mengikuti pergerakan dengan baik.

Urusan mengambil foto, kualitas kamera beresolusi 12 MP milik DJI Osmo Pocket ini pun tak bisa dibilang buruk, meski tidak terlalu istimewa. Hasil foto baik dalam kondisi dalam dan luar ruang sama bagusnya.

Selain pengambilan foto serta perekaman gambar biasa, DJI Osmo Pocket ini juga memiliki segudang fitur seperti video selang waktu atau time-lapse, video gerak lambat (slow-motion), hingga foto panorama.

Untuk video selang waktu dan gerak lambat, hasilnya mulus meski butuh sedikit kesabaran.

Berbeda jika melakukan pengambilan mode yang sama dengan ponsel, pengguna tidak perlu menggerakkan kamera ketika mengambil foto panorama karena DJI Osmo Pocket ini yang bakal bergerak sendiri untuk mengambil gambar dari berbagai sudut.

Untuk ukuran kamera super mini, hal-hal yang dapat dilakukan DJI Osmo Pocket lebih dari cukup dan menawarkan hasil yang maksimal.

Gawai satu ini akan sangat cocok bagi traveler yang sering berpergian dan ingin mendokumentasikan kegiatannya, tetapi tak ingin direpotkan oleh alat yang memakan ruang dan menambah beban.

Atau bagi para pencipta konten yang ingin memiliki perangkat ringkas nan komplet, DJI Osmo Pocket ini bakal amat cocok jadi pilihan. Hadir di kisaran harga Rp6 juta, rasanya harga yang pantas untuk menebus kamera kecil dengan kemampuan besar ini.

Tag : kamera
Editor : Demis Rizky Gosta

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top